Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Anak Punya Humor Tinggi, Berdampak Besar pada Kehidupannya Nanti.

9 Juni 2021 20:26 WIB

SonoraBangka.id - Tingkah polah yang spontan atau kata-kata lucu dari balita, terkadang membuat kita tidak sanggup untuk menahan tawa.

Di usia SD, sebagian anak bahkan terampil melontarkan tebak-tebakan yang jawabannya ternyata di luar dugaan.

Hal-hal yang lucu atau humor ternyata memberi dampak positif yang demikian besar.

Menurut Regina Naisa Pohan, M.Psi., Psikolog, ada beberapa teori yang menjelaskan peran dari humor terhadap diri kita.

Salah satunya, Allan Reiss, MD., seorang profesor psychiatry and behavioral sciences di Stanford University School of Medicine, yang mengatakan bahwa humor merupakan komponen penting dalam kesehatan secara medis maupun secara emosional, memelihara hubungan, mengembangkan fungsi kognitif.

Ada beragam dampak positif dari humor yang bisa dipetik oleh anak-anak. Di antaranya adalah humor dapat memberikan pengaruh positif dalam perkembangan emosi, sosial, dan kesehatan.

Berkembangnya selera humor pada anak akan membantu mereka untuk melihat dari berbagai perspektif.

Tak hanya itu, anak akan menerima perbedaan pemikiran dan mempunyai cara berpikir yang berbeda, mampu menjalani berbagai aspek kehidupan, serta tidak membawa diri mereka ke hal yang terlalu serius.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm