Anggota DPR RI Rudianto Tjen menggelar Sosialisasi 4 Pilar di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Babel, Rabu (09/06/2021)
Anggota DPR RI Rudianto Tjen menggelar Sosialisasi 4 Pilar di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Babel, Rabu (09/06/2021) ( Istimewa)

Tangkal Radikalisme, Rudianto Tjen Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

11 Juni 2021 11:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung, menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (9/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Rudianto Tjen mengajak masyarakat untuk terus konsisten mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada empat Pilar Kebangsaan.

Empat Pilar Kebangsaan tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi pilar utama dalam mencegah penyebaran paham terorisme maupun radikalisme di lingkungan masyarakat.

"Kita berharap bahwa apa yang telah menjadi empat pilar bangsa dan negara kita bisa kita implemtasikan sebagai bentuk dan upaya mencegah paham-paham yang melenceng seperti radikalisme, " imbuh Rudianto Tjen.

Rudi menilai, pemahaman ekstrimis bisa menjamur karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap keempat pilar tadi.

Sehingga, banyak peristiwa yang merusak dan memecah belah di mana dilatarbelakangi oleh oknum berpaham radikalisme.

"Karena yang kita lihat selama ini, banyak kejadian-kejadian teror karena oknum pelaku tersebut tidak memahami esensi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI," ujarnya.

Rudi menekankan, bahwa masyarakat Tanah Air harus menyadari bahwa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan budaya.

Untuk mempertahankan itu semua, ia meminta, masyarakat mengedepankan sikap saling toleransi sesama.

"Bangsa dan negara kita ini terdiri banyak ragam unsur, sehingga kita harapkan agar masyarakat bisa mengedepankan nilai toleransi dari hal apapun yang bisa merusak persatuan dan keutuhan NKRI," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Rudianto Tjen Ajak Masyarakat Perkuat Nilai 4 Pilar untuk Tangkal Radikalisme

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm