Ilustrasi demam, batuk, pilek, gejala Covid-19
Ilustrasi demam, batuk, pilek, gejala Covid-19 ( Shutterstock/Dragana Gordic)

Seperti Apa Long Covid yang Mungkin Tidak Kita Ketahui? Ini 5 Tandanya

16 Juni 2021 19:46 WIB

SonoraBangka.id - Hingga saat ini, sudah lebih dari satu setengah tahun sejak Covid-19 melanda, dan semakin banyak orang terinfeksi oleh virus ini.

Covid-19 bahkan menimbulkan beberapa gejala lanjutan --atau yang kita kenal dengan long covid-- setelah para penyintas dinyatakan negatif.

Dalam sebuah studi baru di Amerika Serikat, sebanyak 23 persen penyintas Covid-19 kembali mencari perawatan medis karena long covid, setidaknya 30 hari pasca infeksi.

Menurut temuan itu, long covid berdampak pada pria dan wanita dari segala usia, termasuk anak-anak dan bahkan orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi virus corona.

Kendati demikian, gejala dari long covid ini juga berbeda-beda tiap orang.

Ada yang mungkin tidak mengetahui kalau dirinya sedang mengalami long covid setelah negatif dari Covid-19.

Oleh karena itu, simak beberapa tanda long covid yang mungkin tidak kita ketahui, seperti berikut ini.

1. Rasa nyeri

Masalah paling umum yang dilaporkan oleh orang-orang yang mengalami long covid adalah rasa nyeri.

Lebih dari 20 persen orang mengungkapkan bahwa mereka mengalami rasa nyeri yang terkait dengan saraf maupun otot setelah sembuh dari Covid-19.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm