Peter Jonatan
Peter Jonatan ( TRIBUNNEWS.com/Toni Bramantoro)

Peter Jonatan Musisi yang Harumkan Nama Indonesia di Amerika Serikat

27 Juni 2021 12:27 WIB

SonoraBangka.ID - Setelah pianis Joey Alexander yang berkarier dan meraih sejumlah berkarier di Amerika Serikat yang mengharumkan nama Indonesia, kini muncul pula nama musisi Peter Jonatan asal tanah air yang memiliki talenta besar.

Peter Jonatan adalah seorang komposer, arranger, orkestra, konduktor, dosen, dan pianis berbakat yang mengkhususkan diri dalam komposisi Jazz. Peter handal dalam genre musik kontemporer, termasuk Pop, Gospel, Klasik, Latin, dan lainnya.

Peter Jonatan memperoleh gelar Doctor of Musical Arts in Jazz Studies dari New England Conservatory (2020).

Ia mendapatkan gelar Master of Music in Jazz Studies dari New England Conservatory (2014) dan Bachelor of Music in Jazz Composition dari Berklee College of Music (2011). Saat ini Peter mengajar di New England Conservatory of Music.

"Saya sebagai orang Indonesia bersyukur dapat menyandang gelar S3 Jazz Composition di salah sau universitas terkemuka di US. Saya berharap dapat terus membawa nama Indonesia, dan memperkenalkan warna musik khas dari berbagai daerah di Indonesia dalam karya-karya saya," ujar Peter Jonatan.

Peter Jonatan lahir di Jakarta. Ia mengenal musik sejak kecil. Pada usia empat tahun, Peter melihat demonstrasi keyboard di taman kanak-kanaknya, dan langsung ingin belajar piano. Sehingga orangtuanya mendaftarkannya di Yamaha Music School Indonesia (YMI).

Sejak usia dini, Peter telah menerima pendidikan awal dalam komposisi. Selama lima tahun belajar di YMI, ia berkesempatan mengikuti program khusus untuk siswa berbakat musik yang disebut JOC (Junior Original Concert). Dia belajar bagaimana menulis dan melakukan komposisi asli.

Setelah lulus dari YMI pada tahun 1992, Peter masuk ke Yayasan Pendidikan Musik (YPM), sekolah musik klasik terbaik di Indonesia. Ia belajar selama sepuluh tahun di bawah bimbingan Ibu Tuti Saidbun, Ibu Edmay Solaiman, dan Ibu Susiana Adhitjan. Periode intens studi klasik ini membentuk dasar yang kuat untuk teknik Piano Peter.

Peter lulus ketiga dari kelas persiapan konservatori YPM pada tahun 2002 dari 70 siswa. Selain studi musik klasik, Peter diperkenalkan ke dunia iringan dan aransemen oleh salah satu guru paling berpengaruh dalam hidupnya, Ibu Priscilla Dianawati.

Belajar secara pribadi dengannya selama enam tahun (1996 – 2002), ia fokus pada teknik pengiring (terutama untuk gereja dan paduan suara) dengan sangat rinci.

Kemudian, ia juga mempelajari aransemen dasar dan orkestrasi untuk ansambel kecil dan orkestra kamar. Pada tahun 2002, Peter menerima beasiswa penuh dari Singapore Technologies Ltd. untuk belajar di Nanyang Technological University di Singapura, salah satu sekolah teknik terbaik di dunia.

Meskipun teknik adalah bidang studi sarjana pertamanya, minat dan hasratnya terhadap musik tidak pernah surut. Dia terus terlibat dalam banyak kegiatan musik di kampusnya.

Ia menemani Nanyang Technological University Choir, menjabat sebagai Musical Director untuk dua produksi musik di bawah Nanyang Technological University Indonesian Student Christian Fellowship.

Karyanya "Paradise Island", dipilih untuk pertunjukan oleh konser tahunan Musim Semi 2011 Berklee Concert Jazz Orchestra yang bergengsi.

Karyanya yang lain, berjudul “In Remembrance of Romanticism,” terpilih sebagai salah satu proyek akhir terbaik Berklee 2010 oleh Departemen Harmoni Berklee dan ditampilkan di Harmony Too! Konser tahunan.

Aransemen standar jazz “Out of Nowhere”-nya dipilih untuk pertunjukan di konser tahunan Chord Scale Madness 2010 di Berklee Performance Center.

Peter lulus dengan predikat summa cum laude dari Berklee pada Desember 2011.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Peter Jonatan Musisi yang Harumkan Nama Indonesia di Amerika Serikat, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/06/24/peter-jonatan-musisi-yang-harumkan-nama-indonesia-di-amerika-serikat?page=3.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm