( Ist)

Gubernur Babel Dukung Komunitas Juru Sembelih Halal

28 Juni 2021 09:02 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Babel Erzaldi Rosman membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Juleha dan Manajemen Ibadah Kurban bagi Pengurus Masjid dan Panitia Kurban yang berlangsung di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Minggu (27/06/21).

Gubernur Erzaldi mengatakan selama ini, di tengah masyarakat khususnya Bangka Belitung, masih banyak orang yang menyembelih hewan kurban maupun hewan lainnya tidak mengikuti prosedur dengan baik sesuai ketentuan dan syariat Islam, sehingga kualitas daging yang dihasilkan menjadi kurang baik.

"Orang menganggap menyembelih hewan kurban itu biasa-biasa saja, ternyata jika kita tidak mengikuti aturan wajib dalam penyembelihannya, maka akan berpengaruh kepada kesehatan manusia, juga berpengaruh terhadap kehalalan daging tersebut serta mengurangi keberkahannya," ujarnya.

Menurut gubernur, kegiatan seperti ini sangat bagus dan perlu di dukung karena di dalam penyembelihan hewan kurban, harus dilakukan dengan baik. Bapak tiga anak ini mendukung penuh kegiatan Juleha. Dirinya berharap kedepan, masyarakat muslim di Bangka Belitung dapat dilatih oleh pengurus Juleha apabila akan menyembelih hewan dengan berpijak pada aturan-aturan yang dianjurkan dalam Agama Islam.

Gubernur juga mengatakan bahwa komunitas Juleha harus dibentuk. Tujuannya tidak lain agar masyarakat dapat melakukan penyembelihan hewan sesuai aturan dan benar.

"Perlu penyempurnaan lebih lanjut terhadap tujuan penyembelihan, serta penyediaan daging yang betul-betul dilaksanakan dengan baik dan halal. Saya berharap teknik Juleha dapat diterapkan di seluruh Bangka Belitung, karena pelatihan hari ini instrukturnya dari Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan para ahli di bidang ini," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Juleha Babel, Nanang Lasmana dalam sambutan mengatakan, kegiatan pelatihan penyembelihan hewan halal merupakan upaya dalam menjalankan sunah Nabi Muhammad saw. Dirinya juga menjelaskan, Juru Sembelih Babel sudah melakukan pelatihan di dua tempat, dan pelatihan hari ini merupakan yang ketiga.

"Juru Sembelih Babel muncul dan mulai mengedukasi masyarakat Babel karena ini sangat penting, sehingga ilmu seperti ini harus disebarkan kepada masyarakat sesuai tuntunan syariat Islam," ungkapnya.

Lebih jauh Nanang mengungkapkan, bahwasanya petugas Juleha sudah berbadan hukum sejak tahun 2020 dan telah diakui oleh pemerintah. Untuk itu, bagi yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat melakukan penyembelihan hewan sesuai dengan tuntunan, sehingga daging yang dihasilkan sehat, halal serta dapat di konsumsi dan meningkatkan imun tubuh terutama di era Covid -19.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm