( Ist)

Rakor Gugus Tugas Reformasi Agraria Di Gelar Di Kabupaten Bangka Tengah

1 Juli 2021 11:39 WIB

SonoraBangka.id - Sekretaris Daerah Bangka Tengah Sugianto, mewakili Bupati Bangka Tengah membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Soll Marina, Pangkalan Baru, Rabu (30/06/2021).

Akhmad Heriyadi, selaku Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Tengah dalam laporannya menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Reforma Agraria Kabupaten Bangka Tengah untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Bangka Tengah pada tahun ini dalam rangka pengenalan dan pemantapan.

“Maksud dan tujuan rakor ini adalah sebagai awal pertemuan keanggotaan gugus tugas dalam rangka mewujudkan kelancaran dan optimalisasi pelaksanaan tugas-tugas untuk pencapaian tujuan penyelenggaraan reforma agraria. Tujuan dari rapat ini adalah ketetapan koordinasi pendirian aktor dalam rangka pemantapan aset di Kabupaten Bangka Tengah,” ujarnya.

“Saya minta anggota tim yang telah ditunjuk dapat bekerja bersama-sama untuk mewujudkan tujuan reforma agraria,” tambah Akhmad Heriyadi.

Sementara itu Sugianto mengatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan reforma agraria sesuai Perpres Nomor 80 Tahun 2017, yaitu mengurangi ketimpangan penguasaan dan kepemilikan tanah, penanganan sengketa dan konflik agraria, menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteran masyarakat.

“Agar memudahkan koordinasi dalam rangka penyelenggaraan reforma agrarian, maka dibentuklah tim Reforma Agraria Nasional yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Selanjutnya untuk membantu tugas tim Reforma Agraria Nasional dibentuk Gugus Tugas Reforma Agraria di tingkat pusat yang diketuai oleh Menteri ATR/Kepala BPN, sedangkan di daerah terdapat Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi diketuai Gubernur dan Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten yang diketuai oleh Bupati,” terangnya.  

Lebih lanjut Sugianto menyebutkan, retribusi tanah legalisasi aset yang telah dilaksanakan di Kabupaten Bangka Tengah perlu ditindaklanjuti dengan program-program pemberdayaan masyarakat dalam rangka penataan akses untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan subyek reforma agraria.

"Maka dari itu saya sangat mengharapkan rapat koordinasi ini dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya sebagai upaya bersama untuk mencapai tujuan reforma agraria di Kabupaten Bangka Tengah," harapnya.

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
PenulisEdwin
EditorEdwin
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm