Rossa
Rossa ( KOMPAS.com/Baharudin Al Farisi)

Titik Awal Rossa Terjun di Industri Musik Tanah Air

7 Juli 2021 10:59 WIB

SonoraBangka.ID - Penyanyi Rossa atau yang akrab disapa Teh Oca menceritakan bagaimana ia bisa masuk ke industri musik Tanah Air.

Hadir sebagai bintang tamu di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Rossa juga mengungkapkan kisah saat namanya diperhitungkan oleh musisi Indonesia.

Sementara di balik perjalanan kariernya ini, ada metode latihan yang selalu Rossa jalani sewaktu masih kecil.

Terjun ke industri musik

Semua itu berawal saat Rossa masih berusia dini dan bernyanyi menimbulkan suatu kesenangan tersendiri.

Cikal bakal suara bagusnya ini ternyata keturunan dari sang ibu, Eni Kusmiani. Oleh karena itu, Rossa hanya menganggap bernyanyi adalah salah satu hobinya dan sesekali mencoba mengikuti festival.

Seiring waktu bergulir saat berusia delapan tahun, sang ibu diundang ke Jakarta untuk tes vokal.

Pada kesempatan itu, Rossa yang ikut menemani tidak sengaja mencoba headphone dan melantunkan sebuah lagu. Rupanya produser tertarik dengan suaranya.

Alhasil, Rossa dikontrak menjadi penyanyi untuk lagu anak-anak dan langsung mengeluarkan album perdana yang bertajuk Untuk Sahabatku di bawah payung label musik Pro Sound.

Album gagal

Namun, Rossa menganggap album Untuk Sahabatku gagal di industri musik karena tidak laku. Hanya saja, pemilik nama lahir Sri Rossa Roslaina Handiyani itu tak merasa bersedih.

"Jadi penerimaannya enggak terlalu bagus, bisa dibilang floop untuk sebuah album," ujar Rossa seperti dikutip Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Dikenal musisi Indonesia

Lepas dari itu, perempuan kelahiran 1978 itu mengeluarkan lagu "Nada-Nada Cinta". Menurutnya, album tersebut bisa rilis di pasar karena Rossa mendapatkan dorongan penuh dari ibunda.

"Akhirnya di 1996, gue keluarin pas gue sudah SMA. Itu judulnya 'Nada-Nada Cinta'. Jadi, itu mulai dikenal sama musisi Indonesia," ujar Rossa.

Metode latihan

Rossa mengatakan, tidak sedikit orang beranggapan ia begitu menjiwai saat bernyanyi dan jarang fals. Ternyata, hal ini dikarenakan ia sudah berlatih teknik pernapasan dan vokal sejak kecil.

Teh Oca mengungkap, sewaktu SD, hampir setiap hari dia bangun pagi untuk latihan pernapasan.

Setelah selesai, Rossa bersiap untuk pergi ke sekolah. Sepulangnya, dia tidur siang dan latihan dilanjutkan saat petang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Titik Awal Rossa Terjun di Industri Musik Tanah Air", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/07/07/093238766/titik-awal-rossa-terjun-di-industri-musik-tanah-air?page=2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm