Ilustrasi sistem operasi Android(phonearena.com)
Ilustrasi sistem operasi Android(phonearena.com) ( (phonearena.com))

Ponsel Android yang Hilang Begini Caranya Mencari, Mengunci, dan Menghapusnya

9 Juli 2021 08:48 WIB

Bangkasonora.ID - Kehilangan smartphone bisa dialami oleh siapa saja. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa hilang dan dicuri atau karena lupa meletakkan di mana ponsel tersebut.

Bagi yang mengalaminya, tentu mereka akan panik dan khawatir. Apalagi, smartphone kini banyak menyimpan aplikasi dan data penting.


Google selaku pembuat sistem operasi Android menyediakan tool Find My Device yang bisa membantu anda untuk mencari ponsel, juga mengunci dan menghapus data di dalamnya apabila perangkat tersebut tidak ditemukan.

Berikut ini caranya, sebagaimana dirangkum dari laman Support Google, Kamis (8/7/2021).


1. Syarat untuk bisa melacak ponsel Android yang hilang

Agar bisa memanfaatkan tool Find My Device, ada beberapa syarat yang biasanya sudah terpenuhi, kecuali pengguna tidak pernah login ke akun Google atau perangkat dengan sengaja dimatikan.

Pertama, ponsel harus dalam kondisi Aktif dan terhubung (Log In) ke akun Google Anda.

Ponsel harus tersambung ke jaringan internet (Data Seluler/WiFi) Layanan  "Lokasi" dan mode "Find My Device" juga harus aktif.

Mode ini biasanya sudah diaktifkan secara otomatis (Default).


2. Cara mencari, mengunci, dan menghapus ponsel Android yang hilang

SumberKompas Tekno
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm