Panel instrument cluster Viar Vortex 250cc. (Febri Ardani/Otomania.com)
Panel instrument cluster Viar Vortex 250cc. (Febri Ardani/Otomania.com) ( kompas.com)

Indikator Bensin Motor Menyala, Masih Ada Berapa Liter Sisa Bensin di Dalam Tangki?

9 Juli 2021 19:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Kerap kali saat mengendarai sepeda motor, sebagian pengendara malas mengisi bensin ketika melihat antrean panjang pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Alhasil, indikator bensin mulai berkedip. Tapi, tak banyak orang yang tahu berapa liter sisa bensin di tangki dalam kondisi tersebut.

Sehingga, tak jarang juga ada pengendara yang mogok di jalan akibat kehabisan bensin. Dengan mengetahui sisa bensin di tangki, pengendara bisa mengira-ngira kapan sebaiknya mengisi bensin.

Pada motor lawas yang masih menggunakan karburator, punya cadangan bahan bakar yang tersimpan di reservoir (RES). Saat bensin habis, pengendara tinggal memindahkan posisi keran bensin ke RES untuk menggunakan bensin cadangan.

"Kalau di Satria FU, sekitar 0,8 liter. Tapi, kembali lagi setiap motor berbeda-beda," ujar Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pada motor injeksi sudah tidak lagi menggunakan keran bensin dan tidak memiliki RES untuk menyimpan bensin cadangan. Bensin yang ada di tangki langsung disedot oleh pompa bensin (fuel pump).

"Pada motor matik atau skutik, jika indikator bensin sudah berkedip, sisa bensinnya sekitar 0,6 liter. Tapi, untuk motor sport perkiraan 0,8 liter sampai 1 liter," kata Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung Asep Suherman.

Saat indikator bensin mulai berkedip, jarak yang dapat ditempuh berbeda-beda untuk setiap motor dan setiap pengendara. Sebab, tergantung dari banyak faktor, seperti cara berkendara, kondisi jalan, dan beban yang dibawa oleh motor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indikator Bensin Motor Menyala, Masih Ada Berapa Liter di Dalam Tangki?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/09/112200215/indikator-bensin-motor-menyala-masih-ada-berapa-liter-di-dalam-tangki-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm