Dorna Sports sahkan sejumlah regulasi baru untuk MotoGP musim 2021. (motogp.com)
Dorna Sports sahkan sejumlah regulasi baru untuk MotoGP musim 2021. (motogp.com) ( kompas.com)

Makin Liar, Dorna Bakal Siapkan Sanksi Lebih Tegas buat Pebalap MotoGP

11 Juli 2021 18:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaksanaan Kejuaraan balap MotoGP banyak diwarnai strategi khusus yang diterapkan sejumlah pebalap. Tak jarang trik ini justru merugikan dan memunculkan amarah para pebalap yang dirugikan.

Carmelo Ezpelata, CEO Dorna Sports, mengatakan pihaknya bakal mengambil tindakan yang lebih tegas dengan memberikan sanksi keras pada paruh kedua MotoGP 2021.

Hal itu menyusul semakin liarnya kelakuan pebalap-pebalap pada paruh awal musim 2021 kemarin. Semisal pada kelas Moto3 banyak terjadi drama-drama tak penting.

Mulai dari manuver keras menghalangi satu sama lain, sampai yang paling sering adalah sengaja melambat agar bisa mendapat slipstream dari pebalap.

Adegan ini sebenarnya bukan hanya Moto3 saja, namun di MotoGP juga terjadi beberapa kali pembalap sengaja melambat agar bisa menguntit pebalap tertentu.

Hal itu dianggap berbahaya dan di Moto3 terjadi beberapa kali kejadian yang tak diinginkan karena kelakuan tak sportif pebalap-pebalap muda ini.

"Jika pebalap Moto3 terus seperti ini, akan banyak yang tidak akan balapan. Di sana ada beberapa manuver. Seperti di sepak bola misalnya, mencengkeram baju pemain dan lain sebagainya," ujar Ezpelata, dikutip dari laman Tuttomotoriweb (10/7/2021).

“Sejak balapan Montmelo, para pebalap telah dihukum lebih berat dan akan dihukum lebih berat lagi ke depannya," kata dia.

Ezpeleta mengakui tugas para Stewards atau wasit untuk mengamati jalannya balapan tidak mudah. Rencananya, sanksi yang disiapkan tidak hanya penalti waktu atau mundur pada starting grid, namun juga sanksi larangan balap pada seri berikutnya.

"Jadi wasit sangat sulit. Semua wasit bisa salah. Kami berhubungan baik dengan rider dan kami memohon kepada mereka," ucap Ezpelata.

"Mereka kadang tak sepakat dengan sanksinya, jadi seseorang mencoba menekan sampai batasnya. Idealnya, sanksi yang sama harus diaplikasikan ke semua orang, meskipun tak mudah karena setiap kasus berbeda situasinya," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makin Liar, Dorna Siapkan Sanksi Lebih Tegas buat Pebalap MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/11/104100315/makin-liar-dorna-siapkan-sanksi-lebih-tegas-buat-pebalap-motogp.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm