Menurut penelitian, musik death dan black metal dinilai bisa ningkatin produktivitas, lho.
Menurut penelitian, musik death dan black metal dinilai bisa ningkatin produktivitas, lho. ( HAI Online)

Peneliti Sebut Musik Black dan Death Metal Cocok buat Didengerin Saat Coding

13 Juli 2021 09:25 WIB

SonoraBangka.ID

Di balik musiknya yang keras, metal tersebut ternyata diketahui punya efek yang baik buat produktivitas, lho, sob. Khususnya bagi kalian yang berkutat di dunia coding. Kok bisa?

Jadi, dalam sebuah pameran desain software pada 2019 silam, sebagaimana dilaporkan Work Life, ada beberapa manfaat, khususnya dari subgenre black metal dan death metal yang bisa ningkatin konsentrasi dan produktivitas. 

Sarah Goff-Dupont, penulis riset tersebut mencari tahu jenis musik metal apa yang paling cocok buat didengerin saat pada coder tengah mengerjakan aplikasi.

Dalam risetnya, para coder tersebut melaporkan telah mendengarkan ‘lebih banyak jenis metal daripada yang kita ketahui ada’. 

Lewat bantuan ilmuwan data Julia Silge dan pengembang Pandora Rob Whitlock, dia berteori bahwa musik metal ekstrem tertentu cocok untuk pekerjaan tersebut. 

Dalam survei tersebut, 3,2 persen pengembang perangkat lunak (dari sekitar 26 juta di seluruh dunia) mencantumkan beberapa jenis musik metal sebagai pilihan musik utama mereka saat coding.

Dia mengatakan karakter vokal yang kasar dan menggeram yang sering ditemukan dalam death metal—atau yang biasa disebut vokills, ucapan yang hampir nggak dapat dipahami menjadi salah satu bagian dari faktor utamanya.

"Itulah yang menarik bagi aku tentang death metal ketika aku coding, percaya atau nggak," ujar Whitlock. 

"Ketika aku mendengar nyanyian yang clean, otak aku mulai melacak apa yang mereka katakan dan itu mengganggu. Tapi dengan vokills, itu hanya suara. Lo nggak memikirkan apa yang mereka katakan sehingga itu hanya samar-samar,” jelasnya.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm