Ilustrasi covid-19 varian delta
Ilustrasi covid-19 varian delta ( Shutterstock)

Covid-19 Varian Delta Bisakah Menular Saat Berpapasan ? Ini Kata Ahli

13 Juli 2021 14:33 WIB

SonoraBangka.id - Sejauh ini, covid-19 varian Delta atau B.1.617.2 disebut sebagai jenis virus corona yang penularannya tercepat dan terkuat.

Sebuah kasus di Australia beberapa waktu lalu, misalnya, bahkan menduga varian virus yang awalnya ditemukan di India ini dapat menular hanya karena berpapasan.

Benarkah demikian? Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Tropik & Infeksi, dr Ronald Irwanto, SpPD-KPTI, FINASIM menjelaskan, sebetulnya tidak ada perubahan pola penyebaran varian Delta maupun varian lainnya.

Sejauh ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memang mengeluarkan pernyataan bahwa varian Delta mungkin lebih mudah menyebar.

Namun, pola penularannya sebetulnya masih sama yakni melalui tetesan pernapasan (droplet).

"Perlu saya katakan bahwa cara penularan dari varian Delta ini sama seperti varian-varian sebelumnya atau Covid-19 sebelum dikenal mutasinya, yaitu melalui droplet.

Jadi bukan melalui airborne, apalagi berpapasan."

Demikian diungkapkan oleh Ronald dalam webinar bertajuk "Hoax atau Fakta: Vaksin & Covid-19 Varian Baru" bersama Rumah Sakit Pondok Indah, Senin (12/7/2021).

Varian Delta juga kerap dianggap sebagai penyebab lonjakan kasus di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm