Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tumiran Ganefo.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tumiran Ganefo. ( angkapos.com/Cepi Marlianto)

Kanwil Kemenag Babel Himbau Panitia Kurban Maksimalkan Prokes

15 Juli 2021 08:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Idul adha 1442 H di wilayahnya, dilakukan selama tiga hari.

Waktu yang luang tersebut diterapkan dengan harapan tidak terjadi kerumunan saat proses penyembelihan kurban berlangsung.

“ Menteri Agama menyarankan untuk penyembelihan hewan kurban, dilakukan pada tiga hari, yakni tanggal 11-13 Dzulhijjah 2021, dengan harapan kelonggaran waktu memiliki kesiapan yang matang. Panitia bisa diberikan pemahaman saat pelaksanaan sehingga Prokes dapat diterapkan dengan maksimal,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Babel, Tumiran Ganefo, Rabu (14/7/2021).

Dirinya pun meminta pembagian daging kurban saat kondisi pandemi Covid-19 ini diantarkan langsung ke rumah penerima daging kurban.

“Saya mengharapkan seluruh panitia atau pengurus masjid sebaiknya pada saat distribusikan dilakukan langsung oleh panitia, dengan cara disiapkan kupon kemudian diantar kepada penerima daging atau diantar langsung ke rumah. Kita khawatir kalau diambil sendiri maka berpotensi tidak bisa menjaga jarak atau ada kerumunan,” kata Tumiran.

Sementara itu, ia menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak melaksanakan Salat Iduladha di masjid.

Serta termasuk takbir keliling disarankan untuk dihindari terlebih dahulu karena ini bagian dari ikhtiar.

“Pelaksanaan Salat Iduladha dimulai dari rumah ketika tiba di masjid, segera cuci tangan, panitia mengukur suhu tubuh, jaga jarak dan peralatan bawa sendiri serta khotbah tidak lebih dari 15 menit, imam disarankan tidak membacakan ayat yang panjang, terpenting rukunnya terpenuhi semua karena ini kedaruratan,” ujar Tumiran. (s2)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kanwil Kemenag Babel Sarankan Panitia Kurban Maksimalkan Protokol Kesehatan, https://bangka.tribunnews.com/2021/07/15/kanwil-kemenag-babel-sarankan-panitia-kurban-maksimalkan-protokol-kesehatan.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm