Logo MotoGP (ANDREAS SOLARO)
Logo MotoGP (ANDREAS SOLARO) ( kompas.com)

Jumlah Penularan Covid-19 Masih Tinggi, MotoGP Thailand Mau Ditunda

19 Juli 2021 19:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah Thailand sedang mempertimbangkan untuk menunda MotoGP GP Thailand yang berlangsung di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, 17 Oktober mendatang.

Alasannya ialah saat ini jumlah penularan Covid-19 masih tinggi sedangkan program vaksinasi belum maksimal. Dikhawatirkan pembukaan penerbangan asing akan meningkatkan jumlah kasus.

Mengutip Crash.net, saat ini Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand sedang bicara soal penundaan MotoGP 2021. Kalau terjadi maka Thailand absen dua musim berturut-turut karena pandemi.

Padahal MotoGP merupakan salah satu pemasukan besar untuk negara. Pada 2019 tercatat GP Thailand dihadiri oleh 226.655 penggunjung hanya di akhir pekan.

Kalau Buriram mundur dari kalender 2021, itu juga akan menimbulkan keraguan di GP Malaysia di Sepang, yang akan diadakan akhir pekan berikutnya.

Alasannya bisa saja Malaysia juga jadi lebih ketat soal protokol kesehatan. Selain itu untuk MotoGP masuk secara ekonomi menggelar balapan di Asia hanya satu kali.

Kemungkinan lain, kalau Thailand menunda, Sepang bisa menjadi tuan rumah dua kali alias back-to-back seperti Austria.

Kemungkinan lain yang bisa terjadi ialah kalau GP Tailand dan GP Malaysia hilang maka MotoGP akan mencoba dan mempertahankan jumlah seri 2021 dengan balapan ganda di sisa putaran di Eropa.

Sejauh ini satu-satunya seri MotoGP non Eropa yang diadakan sejak awal pandemi adalah  Qatar. Walaupun GP Amerika dijadwalkan masuk lagi pada 3 Oktober 2021, sementara Argentina ditunda tetapi belum dibatalkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penularan Covid-19 Masih Tinggi, MotoGP Thailand Mau Ditunda", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/19/182101915/penularan-covid-19-masih-tinggi-motogp-thailand-mau-ditunda.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm