WhatsApp
WhatsApp ( Getty Images)

Whatsapp Umumkan Fitur 'View Once' untuk Foto dan Video

5 Agustus 2021 11:29 WIB

BANGKASONORA.ID - WhatsApp resmi meluncurkan fitur foto dan video View Once yang memungkinkan konten media seperti foto dan video langsung menghilang dari obrolan usai pengguna melihatnya. Fitur View Once juga membuat foto dan video mendapat keterangan dari WhatsApp bahwa konten tersebut telah dibuka.

Beberapa waktu lalu, CEO Facebook yang merupakan perusahaan induk WhatsApp Mark Zuckerberg mengatakan, interaksi paling penting yang dimiliki seseorang adalah pesan pribadi. Karena itu, WhatsApp fokus mengembangkan fitur yang dapat menjaga obrolan dan pesan yang bersifat pribadi.

Anda pun tak perlu khawatir karena foto dan video pada View Once sudah dilindungi sistem keamanan enkripsi End-to-end. Foto dan video yang dikirim menggunakan fitur ini akan memiliki ikon “one-time” yang menandakan foto dan video tersebut akan hilang.

“Seperti pesan pribadi, media Video Once dilindungi oleh enkripsi end-to-end,” kata WhatsApp seperti dikutip CNET.

 

Fitur View Once juga memungkinkan media tidak akan disimpan ke foto atau galeri penerima. Pengguna tidak akan dapat meneruskan, menyimpan, membintangi atau membagikan gambar atau video yang dikirim atau diterima menggunakan View Once.

Pengguna hanya dapat melihat apakah penerima membuka foto atau video jika tanda terima telah dibaca aktif. Jika media tidak dibuka dalam 14 hari, file itu akan kedaluwarsa. Pengguna yang ingin mengirim foto atau video View Once harus memilih opsi View Once setiap kali mereka melakukannya.

WhatsApp mencatat pengguna hanya boleh mengirim foto atau video View Once ke orang yang mereka percayai, karena mungkin saja seseorang mengambil screenshot atau merekam konten layar. 

Sepintas, fitur ini mirip dengan Snapchat Stories yang memungkinkan pengguna mengirimkan foto dan video yang bisa menghilang setelah 24 jam. Instagram, perusahaan milik Facebook lainnya, juga meluncurkan fitur serupa di platform-nya beberapa tahun lalu.

Sebelum resmi dirilis, fitur View Once telah melalui uji coba selama sebulan. Selan itu, WhatsApp juga telah melakukan uji coba terhadap fitur yang membuat pesan dapat menghilang setelah sepekan.

Sumberinfokomputer.grid.id
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm