Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman ( DISKOMINFO BABEL)

Sehari 20 Orang Meninggal Dunia di Bangka Belitung Akibat Covid-19

7 Agustus 2021 15:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Angka kematian akibat Covid-19 di Bangka Belitung saat ini masih cukup tinggi sepekan terakhir. Hingga Jumat (6/8/2021) kemarin, total kasus kematian berjumlah 809 kasus.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas Covid-19 Bangka Belitung, tingkat kematian di Babel mengalami peningkatan dengan rata-rata 20 orang per hari dalam seminggu.

Meningkatnya kasus kematian karena Covid-19 di Babel, menjadi perhatian Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. 

Menurutnya, warga memiliki komorbid atau penyakit bawaan masuk dalam ketegori berat, penderita Covid-19, yang menyebabkan banyak kematian apabila tidak ditangani dengan cepat.

"Kami mengingat penderita komorbid jika terinfeksi Covid-19 bisa dikategorikan bergejala sangat berat dan membutuhkan penanganan cepat. Sebanyak 95 persen mengi atau sesak nafas adalah gejala berat karena serangan Covid-19 utamanya adalah saluran pernafasan," terang Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Sabtu (7/8/2021).

Dengan, banyaknya kasus meninggal dunia karena komorbid, Erzaldi berharap pemerintah daerah sedapat mungkin harus mendata warga yang memiliki penyakit lain, ketika terjangkit Covid-19.

"Kami juga minta dengan sangat, kerja sama pemerintah desa untuk segera mendirikan isolasi terpadu ini. Karena ini untuk menekan kasus Covid-19 di Babel. 

dulu kasus kita di bawah 25 kasus perhari yang terpapar. Tetapi ketika kita membuka peluang isolasi mandiri menjadi salah satu penyebabnya meningkat. Ditambah lagi tidak disiplinnya masyarakat," ujarnya.

Dia berharap isolasi terpadu yang sedang dilakukan di Provinsi Bangka Belitung dapat berhasil menekan angka penyebaran Covid-19.

"Kami berharap juga isoter lainya juga terbentuk bukan hanya ada pada level provinsi. Tetapi di kabupaten/kota juga dapat melaksanakan hingga di kecamatan, desa. Mengenai pembiayaan isoter, agar lebih murah dan terjangkau, menggunakan fasilitas yang ada dan juga membangun dapur umum," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Dalam Sehari 20 Orang Meninggal di Bangka Belitung Karena Covid, Erzaldi Harap Isoter Tekan Kematian, https://bangka.tribunnews.com/2021/08/07/dalam-sehari-20-orang-meninggal-di-bangka-belitung-karena-covid-erzaldi-harap-isoter-tekan-kematian.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm