WAMENAG
WAMENAG ( IST)

Jelang Tahun Baru Islam 1443 H, Wamenag : Umat Lebih Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19

9 Agustus 2021 20:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi berharap agar umat Islam dapat lebih tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Ketangguhan itu merupakan salah satu hikmah yang dapat diambil umat Islam dalam rangka perayaan tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1443 H pada Selasa (10/8/2021) besok.

Zainut mengatakan, umat Islam bisa mengambil hikmah dari peristiwa monumental perpindahan Rasulullah dari Mekkah ke Madinah tersebut.

"Hikmah dan nilai-nilai hijrah mendorong dan menginspirasi kita semua agar membina ketangguhan umat dan bangsa. Nilai ketangguhan ini sangat relevan dalam menghadapi pandemi," kata Zainut, dikutip dari siaran pers, Senin (9/8/2021).

Zainut menyebutkan, ketangguhan sangat diperlukan di tengah pandemi yang tak berkesudahan ini.

Baik dari sisi aspek mental spiritual, kesehatan, sosial, ekonomi, hingga di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Apalagi, ia menyatakan umat Islam selama ini memahami bahwa hijrah Nabi Muhammada SAW dari Mekkah ke Madinah merupakan tonggak sejarah yang memiliki nilai istimewa dalam perjuangan dakwah Rasulullah.

"Sejarah memberi pelajaran yang amat berharga kepada umat Islam tentang makna hijrah untuk kehidupan yang lebih baik," ucapnya.

Zainut pun mengajak masyarakat dapat mengaktualisasikan hikmah dan nilai-nilai yang terkandung dalam hijrah tersebut.

Salah satunya yakni dengan  melakukan kolaborasi kebaikan untuk membangun akhlak, kesejahteraan, dan peradaban kemanusiaan yang lebih baik serta lebih maju.

Karena tahun baru Islam kali ini berdekatan dengan peringatan HUT ke-76 RI,  maka diharapkan dapat menambah nuansa spiritual penambahan usia bangsa ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tahun Baru Islam, Wamenag Harap Umat Lebih Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/08/09/17273101/tahun-baru-islam-wamenag-harap-umat-lebih-tangguh-hadapi-pandemi-covid-19.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm