Air menetes dari kolong mobil, kenali gejalanya. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda)
Air menetes dari kolong mobil, kenali gejalanya. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Apakah Normal jika Ada Air AC yang Menetes dari Kolong Mobil?

19 Agustus 2021 19:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika mobil sedang berhenti atau terparkir di suatu tempat, sering terdapat air menetes dari kolong mobil.

Air tersebut biasanya berasal dari lubang pembuangan air conditioner (AC). Tapi tidak perlu panik, karena ini normal.

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong menjelaskan, air menetes karena adanya kinerja alat pendingin yang melalui proses kondensasi, sehingga akan menghasilkan embun yang lama-lama berkumpul dan menetes.

“Semua pendingin yang menggunakan AC atau freon sebagai unsur pendinginnya akan ada proses evaporasi dan kondensasi, pada saat proses evaporasi akan menghasilkan air sehingga menetes di kolong mobil bagian depan bawah mesin,” ujar Kelvin kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Kelvin, tidak hanya pada bagian depan, bila pengendara punya mobil dengan fitur AC double blower maka air akan menetes juga di bagian belakang.

“Kalau mobil double blower, maka akan menetes lagi di bagian ban belakang atau tengah-tengah, tergantung di mana letak double blowernya,” kata dia.

Justru sebaliknya, bila tidak ada tetesan air pada pembuangan AC, maka sistem pendingin tidak bekerja secara normal.

“Bila air pembuangan tidak menetes, artinya porses evaporasi tidak sempurna. Bila disebabkan karena air tersebut mampet karena adanya banyak kotoran atau AC yang memang sudah tidak sehat,” kata dia.

Pemilik AC sebaiknya mengecek lebih lanjut bila tidak ada air AC yang menetes pada pembuangan, karena jika dibiarkan akan menimbulkan kerusakan yang fatal pada AC mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Normalkah jika Ada Air AC yang Menetes dari Kolong Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/19/161200415/normalkah-jika-ada-air-ac-yang-menetes-dari-kolong-mobil-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm