Ilustrasi anak main gawai
Ilustrasi anak main gawai ( PEXELS/JESSICA LEWIS )

Saran Pendidikan Teknologi, Jika Anak Main Gadget, Hindari 4 Komentar Ini

22 Agustus 2021 07:35 WIB

SonoraBangka.id - Di jaman sekarang ini, anak-anak lahir, tumbuh, dan berkembang di era digital yang semakin maju dan cepat.

Mustahil jika orang tua melarangnya untuk menghindari penggunaan gawai (gadget) atau piranti elektronik terbaru lainnya.

Waktu layar untuk anak memang diperlukan dan membatasi penggunaannya bukanlah suatu masalah demi perkembangan anak pula.

Namun, ketika orang tua berasumsi bahwa anak bermain gawai hanya untuk bersenang-senang atau bermain gim saja, apakah sebenarnya itu yang mereka lakukan?

Richard Culatta, pakar pendidikan teknologi dan penulis buku Digital for Good: Raising Kids to Thrive in an Online World dan CEO International Society for Technology in Education (ISTE), menyarankan agar orang tua menghindari komentar-komentar berikut ini saat anak sedang menggunakan gawai.

1. “Kamu kecanduan ponsel ya, nak” atau "Kok main hape terus, sih"

Mengutip CNBC, pernyataan ini paling umum terjadi, tetapi ini adalah pesan yang membingungkan bagi seorang anak.

Sebenarnya, bukan perangkat itu sendiri yang membuat ketagihan, tetapi aplikasi atau situs web tertentu apabila digunakan terus-menerus yang membuat kecanduan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm