( Ist)

Terima Kunjungan Ombusman, Ketua DPRD Babel : Fungsinya Hampir Sama

27 Agustus 2021 10:10 WIB
 
SonoraBangka.id - Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel Herman Suhadi, menyampaikan antara Ombudsman dengan Dewan sama-sama memiliki tugas dan fungsi yang sama yakni fungsi pengawasan dan kontrol.
 
"saat ini menghadapi masa pandemi covid -19 yang belum tau kapan akan berakhir, DPRD Babel mendukung penuh terkait penanganan masalah covid-19 ini", kata Herman Suhadi saat menerima kedatangan Kepala Perwakilan Ombusman Republik Indonesia Provinsi Babel Shulby Yozar Ariadhy, dan anggota di ruang kerjanya,rabu (25/08/2021).
 
Herman Suhadi menjelaskan fungsi DPRD itu sendiri salah satunya yakni Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.
 
Sementara itu, Kepala Ombusman Babel Shulby Yozar Ariadhy mengatakan, Kunjungan dilakukan dalam rangka silahturahmi yang dikhususkan untuk membantu melaksanakan tugas pokok dan fungsi Ombudsman, sebagaimana tertuang dalam UndangUndang No. 37 Tahun 2009 tentang Ombudsman Republik Indonesia untuk melakukan koordinasi dan kerjasama serta membangun jaringan kerja dengan lembaga negara atau lembaga pemerintahan lainnya.
 
Selain itu, dikatakannya, bahwa Ombudsman merupakan lembaga pengawas ekternal yang mengawasi pelayanan publik.
 
"Ombudsman fungsinya adalah mengawasi pelayanan publik, tiga subtansi yang menduduki peringkat atas yang paling banyak dilaporkan ke Ombudsman Babel untuk tiga bulan terakhir yaitu pertanahan, pendidikan dan kepolisian," papar Yozar.
 
Pihaknya berharap agar terjalinnya kolaborasi dan sinergi yang baik dengan DPRD Kepulauan Bangka Belitung terutama pada penyerapan aspirasi masyarakat, Khususnya yang berkaitan dengan isu atau permasalahan yang terjadi dimasyarakat, menurutnya, tidak menutup kemungkinan nantinya, akan menemui laporan yang memerlukan peran DPRD untuk penyelesaiannya, kata, Yozar.
 
"Ombudsman sendiri terkait isu covid-19 menjadi perhatian kita semua, disini ombudsman melakukan pengawasan tentang PCR yang terkesan tidak stimulan,"pungkasnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm