Ban motor kempis (Foto: motorcyclenews.com)
Ban motor kempis (Foto: motorcyclenews.com) ( kompas.com)

Ketahui Ciri Ban Sepeda Motor Harus Diganti

2 September 2021 18:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu komponen pada sepeda motor yang bersifat krusial adalah ban. Karet bundar ini berperan sangat penting, karena dapat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Ban digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan permukaan jalan yang tidak rata dan melindungi roda dari kerusakan.

Ban sepeda motor terbagi ke dalam dua jenis, Tube type dan Tubeless. Tube type adalah ban yang masih menggunakan ban dalam. Kelebihan ban ini adalah bisa digunakan pada berbagai macam jenis pelek, baik Cast Wheel (CW) atau Spoke Wheel (SW).

Sedangkan Tubeless adalah jenis ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban jenis ini tidak bisa langsung menggunakan pelek SW atau jari-jari, butuh semacam perekat untuk menutup celah pada jari-jari tersebut.

Kondisi ban yang sudah aus dapat menyebabkan daya cengkram yang kurang maksimal, sehingga akan mengganggu perjalanan. Bahkan, tidak hanya membahayakan diri sendiri namun juga orang lain.

Disarankan agar ban sepeda motor tidak cepat aus dan rusak, maka perlu memperhatikan beberapa poin. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan kendaraan tetap aman dan nyaman:

1. Cek Keausan Ban

Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai, bila kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI, maka sangat disarankan untuk segera diganti.

“Karena ini akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara, sehingga menghindari potensi risiko kecelakaan di jalan raya,” ujar Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, dalam keterangan resminya.

2. Jarak Batas Pemakaian

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm