Ilustrasi kampas kopling mobil (Nisa Maulan Shofa)
Ilustrasi kampas kopling mobil (Nisa Maulan Shofa) ( kompas.com)

Selain Tidak Kuat Nanjak, Ini Dampak Dari Kampas Kopling yang Sudah Aus

6 September 2021 15:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dampak dari kampas kopling yang sudah aus beraneka ragam. Mulai dari akselerasi yang berat, juga menurunnya kemampuan mobil saat melahap tanjakan.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, salah satu yang paling dirasakan ketika kampas kopling mulai aus adalah mesin yang kurang responsif.

“Jadi ketika gigi persneling dipindahkan tidak responsif, seperti tidak langsung bergerak,” ujar Didi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Didi juga mengatakan, kampas kopling yang sudah aus juga akan sangat terasa kalau mobil digunakan untuk melaju di jalan menanjak.

“Kalau di tanjakan mobil (seperti) tidak bisa jalan, itu gejala kampas kopling sudah mulai aus,” kata dia.

Tanda lainnya kalau kampas kopling sudah mulai aus yakni tenaga mobil akan terasa ngempos dan akan terasa lebih sulit pada saat akan memindahkan gigi.

Selain itu, selip berlebih saat mobil melakukan akselerasi juga akan berdampak pada lebih borosnya konsumsi BBM.

Kalau sudah mengalami gejala di atas, sebaiknya segera lakukan penggantian perangkat kopling. Tidak hanya kampas kopling, komponen lain yang juga harus diganti yakni cover kopling atau matahari kopling.

Hal ini karena, perangkat tersebut punya masa pemakaian yang sama. Kalau tidak segera diganti, dikhawatirkan bisa berdampak pada kerusakan komponen yang lainnya seperti flywheel atau roda gila.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain Tidak Kuat Nanjak, Ini Dampak Kampas Kopling yang Sudah Aus", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/05/190100215/selain-tidak-kuat-nanjak-ini-dampak-kampas-kopling-yang-sudah-aus.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm