apolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, di sela meninjau vaksinasi massal dan vaksin go to school di masjid Raya Tuatunu, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Selasa (7/9/2021)
apolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, di sela meninjau vaksinasi massal dan vaksin go to school di masjid Raya Tuatunu, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Selasa (7/9/2021) ( (Bangkapos.com/Anthoni Ramli) )

Target 10.000 Vaksin Sehari, Dinkes Upayakan Ketersediaan Stok Vaksinasi Aman

9 September 2021 08:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kota Pangkalpinang kini menargetkan 10.000 penyuntikan vaksinasi per hari di wilayahnya.

Hal ini dimaksimalkan, supaya herd immunity atau kekebalan kelompok hingga 90 persen dari jumlah penduduk dapat tercapai.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim menyebutkan Pemkot Pangkalpinang terus mengupayakan ketersediaan stok vaksinasi.

Baik jenis Sinovac, Moderna, dan AstraZeneca.

"Stok vaksin kita fluktuasi setiap harinya, karena satu hari itu kita 150 200 dosis penyuntikan, terus kita kejar bahkan lebih dari itu baik yang datang ke Puskesmas ataupun yang kita laksanakan massal," kata Hakim, Rabu (8/9/2021).

Hakim mengyebutkan target tersebut perlu diakselerasi agar kekebalan komunal (herd immunity) segera terwujud. Termasuk, mengurangi kekhawatiran masyarakat dan dunia usaha, hingga ekonomi kembali menggeliat.

"Kita berharap terus dapat meningkatkan ini, karena suplai vaksin kita cukup dan kita bisa lakukan itu dengan tata kelola yang baik, target vaksinasi kita per harinya juga terus kita tambahkan," ucapnya.

Ia juga merincikan ketersediaan vaksin yang ada di wilayahnya hingga saat ini.

"Saat ini kita masih ada 5.000-an stok vaksin jenis Moderna, AstraZeneca tinggal puluhan, Sinovac masih ada 4.500-an. Nah ini kita terus meminta pusat ada penambahan agar cita cita kita untuk herd immunity itu benar benar tercapai," terangnya.

Diakuinya, memang kini  khusus vaksin Sinovac, lebih banyak dan fokus menyasar para pelajar di Kota Pangkalpinang.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm