Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos )

Apakah Kesuburan Kita Bermasalah Jika 1 Tahun Menikah Belum Hamil?

11 September 2021 15:11 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sedikit pasangan mengharapkan kehadiran bayi kecil di dalam rumah tangganya.

Ada yang kurang dari setahun sudah diberi momongan, ada juga yang sudah lebih dari setahun menikah tapi tak kunjung mendapatkannya.

Ya, memang ada beragam faktor yang memengaruhi hal tersebut.

Jika Sahabat NOVA dan pasangan sudah lebih dari satu tahun mencoba tetapi kehamilan tak kunjung datang, mungkin ini saatnya kalian berdua harus melakukan tes kesuburan.

Ketika pasangan usia subur tidak berhasil hamil secara alami setelah satu tahun berhubungan seksual, bisa dikatakan pasangan tersebut mengalami ketidaksuburuan.

Tentunya dengan asumsi, hubungan seksnya sudah memenuhi persyaratan untuk kehamilan, seperti dilakukan secara rutin, dilakukan pada masa subur, dan ejakulasi di dalam.

Menurut dr. Pandji Sadar, CEO dari Pusat Fertilitas Bocah Indonesia (PFBI), bila satu tahun menikah dan sudah rutin melakukan hubungan intim 2-3 kali seminggu tapi belum hamil, sudah waktunya memeriksakan diri ke dokter.

Ini berlaku bagi kita yang berusia di bawah 35 tahun.

Sedangkan bagi Sahabat NOVA yang berusia di atas 35 tahun, sebaiknya memeriksakan diri bila dalam 6 bulan belum membuahkan hasil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm