Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Erzaldi Rosman ( Ist)

Pemilu 2024, Gubernur Babel Harap KPU - Bawaslu Kedepankan Prinsip Profesionalisme Dan Integritas

13 September 2021 10:08 WIB

SonoraBangka.id - Guna mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) yang berintegritas dan hasilnya dapat diterima masyarakat, salah satunya ada pada profesionalisme penyelenggara, yakni KPU dan Bawaslu. Hal ini merupakan tugas yang berat yang harus diemban oleh kedua lembaga tersebut mengingat pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) marak terjadi di setiap ajang pesta demokrasi di negeri ini.

"Profesionalisme KPU dan Bawaslu tentunya tidak perlu kita ragukan lagi, namun perlu ditingkatkan mengingat tantangan Pemilu 2024 lebih berat dibandingkan sebelumnya," ujar Gubernur Babel Erzaldi Rosman  dalam Seminar Nasional Diseminasi Peraturan Perundang-undangan belum lama ini.

Gubernur Erzaldi mengatakan konstelasi menuju pemilu 2024 semakin hangat karena dilakukan serentak, Partai Politik saat ini sedang mempersiapkan kader-kader terbaiknya untuk berlaga pada pesta demokrasi tersebut.

"Sehingga peran KPU dan Bawaslu guna mengawal demokrasi di Indonesia ini sudah menjadi hal wajib. Segala kekurangan pada pemilihan sebelumnya dijadikan pelajaran untuk lebih disempurnakan lagi ke depannya, semata-mata agar proses demokrasi berlangsung dengan baik dan lancar,"ungkapnya.

Gubernur juga menuturkan guna menjaga independensi kedua lembaga tersebut di mata masyarakat, KPU dan Bawaslu harus lebih berani, lebih kuat, dan lebih bersahaja.

"Terlebih payung hukum dalam pemilihan umum, nantinya dalam gugatan akan timbul banyak penafsiran, dan peran wasit yang menjadi penentu keputusan dengan arif dan bijak," jelasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm