Jawaban Sains, Kenapa Hujan Bikin Orang Jadi Ngantuk, Mager dan Sedih...
Jawaban Sains, Kenapa Hujan Bikin Orang Jadi Ngantuk, Mager dan Sedih... ( HAI Online)

Ini Dia Jawaban Sains, Kenapa Hujan Bikin Orang Jadi Ngantuk, Mager dan Sedih...

21 September 2021 08:54 WIB

SonoraBangka.ID - 

Pas hujan turun, nggak sedikit dari kita yang memilih untuk tetap di rumah saja. Ketika berdiam di rumah pas turun, nggak jarang kita merasa mengantuk dan malas gerak alias mager.

Nah, cuaca seperti ini memang sangat cocok untuk bersantai di rumah, mengambil snack atau memasak mie instan sembari menonton film kesayangan. Nggak sedikit yang memilih tidur karena bawaan ngantuk tadi.

Terus, kenapa sih, hujan bikin seseorang merasa begitu? Berikut penjelasan sainsnya, dirangkum dari KompasTV, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Video Hujan Lokal Antar-RT Viral, Ini Penjelasan Ilmiahnya?

1. Cahaya rendah menstimulasi melatonin

Melatonin merupakan hormon yang memengaruhi ritme sirkadian tubuh. Pas turun hujan  biasanya cahaya di sekitar akan lebih redup ketimbang saat terik.

Cahaya yang redup ini bakal dapat menstimulasi hormon melatonin. Saat hormon ini diproduksi dalam jumlah banyak, saat itulah seseorang merasa lelah dan mengantuk.

 2. Suara hujan

Suara gemericik hujan yang menghantam atap dan permukaan tanah dapat membuai seseorang tidur karena suara yang konsisten fan terus menerus iru ternyata menenangkan. 

Pun pada hujan yang cukup lebat, suara hujan termasuk jenis suara yang tidak mengancam dan dapat meredam suara lain yang bikin kita terjaga.

3. Petrikor

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm