Ilustrasi sms
Ilustrasi sms ( ist)

Waspadalah, Marak Penipuan SMS Berkedok Bantuan Subsidi, Dinas Kominfo Bebel Himbau Untuk Hati-hati

27 September 2021 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bangka Belitung menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penipuan berkedok bantuan subsidi melalui pesan singkat (SMS).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Bangka Belitung, Sudarman, menyebutkan apabila masyarakat mendapat SMS sebaiknya mengecek terlebih dahulu sumbernya.

"Jika kita menerima SMS bantuan, masyarakat perlu mengecek sumber SMS tersebut. Biasanya yang benar didukung alamat dan alamat kantor resmi. Jika tidak ada ataupun meragukan maka dapat dipastikan penipuan," kata Sudarman kepada Bangkapos.com, Senin (27/9/2021) di kantor gubernur.

Dia menuturkan situasi seperti saat ini rentan dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan, sehingga masyarakat harus lebih berhati-hati.

"Segera SMS tersebut dihapus atau dilaporkan ke aparat penegak hukum terdekat untuk mencegah jangan sampai ada korban," ucapnya.

Selain itu, menurutnya yang dapat mengontrol SMS tersebut berada di Kementerian Kominfo.

"Yang bisa ngontrol SMS tersebut Kementerian Kominfo. Biasanya melalui kementerian dan diteruskan ke provinsi dan kabupaten/kota," katanya.

Sementara itu, Keyla salah satu warga Kelurahan, Parit Lalang, Kota Pangkalpinang mengaku setiap hari selalu mendapatkan SMS yang menginfokan subsidi dari pemerintah.

"Setiap hari ada yang masuk SMS, ia menyatakan anda mendapatkan subsidi pemerintah dengan nominal hingga jutaan rupiah, kita diminta untuk menghubungi nomor yang ada di dalam pesan," ujar Keyla.

Namun, Keyla menyebutkan pesan yang sering masuk tersebut tak lantas membuatnya percaya dan juga tidak pernah membahasnya.

"Saya biarkan saja dan tidak pernah saya balas, tapi tiap hari masuk, bikin risau saja melihatnya,"ujarnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Hati-hati, Marak Penipuan SMS Berkedok Bantuan Subsidi, Dinas Kominfo Babel Ingatkan Begini, https://bangka.tribunnews.com/2021/09/27/hati-hati-marak-penipuan-sms-berkedok-bantuan-subsidi-dinas-kominfo-babel-ingatkan-begini.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm