ILUSTRASI: Daging ayam di pasar
ILUSTRASI: Daging ayam di pasar ( BANGKAPOS.COM)

Di Belitung Harga Daging Ayam Naik Drastis, Capai Rp 50.000 per Kilogram

1 Oktober 2021 14:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada pekan ini harga daging ayam (ras) melonjak drastis. Sejumlah pedagang di Pangkalpinang dan Tanjungpandan mematok harga yang relatif tinggi.

"Harga daging ayam di sejumah Pasar Kota Pangkalpinang berkisar antara Rp33.000 per kilogram sampai Rp40.000 per kilogram, sedangkan di Tanjungpandan harga daging ayam sudah mencapai Rp50.000 per kilogram," ucap  Kabid Pengendalian Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Babel, Fadjri Djagahitam, Jumat (1/10/2021).

Seiring melonjak harga daging ayam itu kata Fadjri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung  bersama dengan Polda Kepulauan Babel, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel telah melakukan rapat bersama untuk mengatasinya.

"Harga daging ayam utuh tim di Tanjungpandan mengalami kenaikan sampai dengan Rp50.000 per kilogram, itu hasil pemantauan harga yang kami lakukan di sejumlah titik pasar. Baik itu di pasar Kota Pangkalpinang dan Pasar Tanjungpandan telah terjadi kenaikan harga daging ayam," ucapnya.

Fadjri  menyebutkan Tim Terpadu Satgas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Polda Babel, Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Babel dan pihak terkait lainnya mengadakan rapat guna mencari titik masalahnya serta mencari solusi penanganannya.

"Kita telah melakukan rapat dengan Polda Babel dan Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Babel untuk menindaklajuti hal tersebut. Di mana tujuannya itu tak lain untuk mengendalikan harga daging ayam agar harganya menjadi stabil dan tentunya terjangkau oleh masyarakat," ujarnya.

Lebih jauh, dia pun menuturkan pengawasan ke lapangan guna melakukan peninjauan secara langsung ke sejumlah pelaku usaha dan distributor daging ayam. 

Tujuanya ialah menggali informasi kenaikan harga daging ayam dan mencari solusi kembali akan dilakukan. "Hasilnya yaitu kita akan turun kelapangan untuk melakukan peninjauan ke sejumlah perusahaan atau pelaku usaha peternakan ayam," lanjutnya.

Menurutnya peninjauan dilakukan agar mendapatkan informasi berkaitan kenaikan harga daging ayam. "Setelah itu nantinya akan dilakuan rapat koordinasi dengan pelaku usaha dan distibutor daging ayam," ucapnya lagi.

Selain itu, Ketua Tim Terpadu Satgas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diwakili Kasubdit 1 Indag Polda Kepulauan Babel AKBP Arif Kurniatan, mengatakan, perlu ada tindakan dalam upaya penanganan kenaikan harga ayam.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm