Presiden Joko Widodo tersenyum saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Resmi dibuka oleh Presiden Jokowi, PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021
Presiden Joko Widodo tersenyum saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Resmi dibuka oleh Presiden Jokowi, PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 ( .(ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI))

Jokowi Harap Prestasi Anak Muda Papua Terus Dikembangkan

2 Oktober 2021 21:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah resmi membuka kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Jokowi mengingatkan, prestasi dari anak muda Papua mesti terus dikembangkan.

"Prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan kita kembangkan," ucap Jokowi saat membuka PON XX di Papua yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Jokowi mendorong supaya prestasi dari para atlet Papua harus diikuti oleh anak generasi muda di Papua. Ia pun mencontohkan, sejumlah nama atlet yakni Lisa Rumbewas di cabang olahraga angkat besi, Serafi Anelis Unani dan Ramses Burumi dari cabang olahraga atletik, serta Boaz Solossa dari cabang olahraga sepak bola.

Selanjutnya, ia pun menyorot kreativitas di bidang music dan seni budaya yang membanggakan bangsa juga harus diteladani.

"Lagu 'Cuma Saya' dari MAC, dan 'Jang Ganggu' dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua," kata Jokowi.

Sementara itu, Jokowi juga mengungkap ia mendorong peningkatan kualitas di sektor kewirausahaan.

Ia menyebutkan, sudah meresmikan pembangunan Papua Youth Creative Hub di Tanah Papua. "Untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua," katanya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Minta Prestasi Anak Muda Papua Harus Terus Dipupuk dan Dikembangkan", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/10/02/19182201/jokowi-minta-prestasi-anak-muda-papua-harus-terus-dipupuk-dan-dikembangkan.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm