Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)(MIRCO LAZZARI GP)
Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)(MIRCO LAZZARI GP) ( kompas.com)

Skenario Quartararo Untuk Jadi Juara Dunia di MotoGP Emilia Romagna

7 Oktober 2021 21:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perebutan gelar juara dunia MotoGP antara Fabio Quartararo dengan Francesco Bagnaia bisa berakhir di seri selanjutnya, yakni MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia.

Saat ini, Quartararo masih aman di puncak klasemen sementara MotoGP 2021 dengan unggul 52 poin dari Bagnaia. Walaupun tidak mustahil, namun cukup sulit bagi Bagnaia mengejar ketertinggalan itu.

Menurut perhitungan, kalau Quartararo menang di Misano, maka dia sudah mengunci gelar juara dunia MotoGP.

Namun, sebelumnya pada MotoGP San Marino yang digelar juga di sirkuit tersebut, Bagnaia yang jadi pemenangnya dan bisa dibilang sangat mendominasi.

Ada beberapa skenario untuk Quartararo bisa menjadi juara dunia musim ini di Misano:

- Jika Quartararo finis di depan Bagnaia

- Jika Quartararo finis kelima dan Bagnaia tidak naik podium

- Jika Quartararo finis keenam dan Bagnaia tidak finis empat besar

- Jika Quartararo finis ketujuh dan Bagnaia tidak finis minimal tiga posisi di depannya

- Jika Quartararo gagal meraih poin dan Bagnaia finis ke-15 atau lebih bawah

- Jika Quartararo mendapat poin berapa pun dan Bagnaia finis ke-14 atau lebih bawah

Ada enam skenario di mana Quartararo bisa langsung jadi juara dunia pada seri berikutnya. Satu-satunya cara untuk terus membuka peluang bagi Bagnaia adalah dengan Quartararo tidak meraih poin di Misano.

Sayangnya, skenario tersebut kecil kemungkinannya, karena musim ini Quartararo selalu meraih poin di tiap serinya. Selain itu, skenario tersebut juga di luar kendali Bagnaia.

"Pada akhirnya, Quartararo yang paling tertekan saat ini. Dia harus memikirkan kejuaraan. Sedangkan saya, hanya perlu lebih kompetitif, jadi saya lebih tenang," ujar Bagnaia, dikutip dari GPone.com, Rabu (6/10/2021).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Skenario Quartararo Jadi Juara Dunia di MotoGP Emilia Romagna", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/07/094200015/skenario-quartararo-jadi-juara-dunia-di-motogp-emilia-romagna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm