Foto udara bentuk lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (9/10/2021). Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km yang dibangun oleh ITDC tersebut resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit yang pada tahun ini akan diujicobakan dengan beberapa kejuaraan balap internasional seperti Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021 disusul dengan World Superbike yang berlangsung seminggu setelahnya yaitu 19-21 November 2021 serta tes pramusim MotoGP pada tanggal 11-13 Februari 2022 dan MotoGP Indonesia pada Maret 2022. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Foto udara bentuk lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (9/10/2021). Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km yang dibangun oleh ITDC tersebut resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit yang pada tahun ini akan diujicobakan dengan beberapa kejuaraan balap internasional seperti Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021 disusul dengan World Superbike yang berlangsung seminggu setelahnya yaitu 19-21 November 2021 serta tes pramusim MotoGP pada tanggal 11-13 Februari 2022 dan MotoGP Indonesia pada Maret 2022. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI) ( kompas.com)

Persiapan WSBK Mandalika, Lintasan Sudah Selesai 97 Persen

14 Oktober 2021 21:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah The Mandalika Street Circuit direncanakan menggelar ajang World Super Bike (WSBK) pada 19 sampai 21 November 2021. Sirkuit yang dibangun kurang lebih satu tahun lalu sudah mulai memperlihatkan bentuknya.

Kompas.com mendapat kesempatan untuk menyaksikan langsung sirkuit yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini. Bersama dengan Head of Operation – Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Dyan Dilato, menjelaskan kesiapan Sirkuit Mandalika.

Dengan bersama-sama masuk ke area sirkuit, Dyan menjelaskan kalau untuk trek, 97 persen sudah selesai. Mulai dari aspal, apex, curb, safety barrier sudah jadi, tinggal pengecatan trek saja.

“Kita punya sedikit hambatan karena tenaga kerja yang datang ke sini sampai sekarang masih dikarantina. Jadi terkendala soal pelaksanannya, tapi semua sudah on the way, nanti akhir Oktober katakanlah sudah 100 persen jadi,” ucap Dyan di Mandalika, Rabu (13/10/2021).

Dari pantauan langsung di lokasi, bagian aspal trek memang sudah rampung, bahkan sangat mulus dan rata. Pada permukaann tampak sangat polos, bagian apex, run off area, dan track limit masih belum ada warnanya.

Kemudian untuk fasilitas lain, seperti pit building dan gedung race control masih dalam tahap finishing. Untuk pit building, menggunakan model modular sebanyak 50 paddock yang terdiri dari dua lantai.

“Pit building sudah on the way, minimal dipasang sebelum ajang WSBK. Pit building nantinya sudah lengkap dibangun dengan kelistrikan dan sistem telekomunikasi,” ucapnya.

Ketika Kompas.com datangi, bagian pit masih kosong, hanya terdiri dari satu gedung race control yang ada di tengah. Nantinya di lahan kosong tersebut, didirikan pit building model modular.

“Sistem di dalam race control itu juga kita impor dari DZ Engineering mengenai timing system, CCTV, LED yang mengganti bendera, serta hardware dan software yang didesain supaya memenuhi standar FIM,” kata Dyan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Persiapan WSBK Mandalika, Lintasan Sudah 97 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/14/081200715/persiapan-wsbk-mandalika-lintasan-sudah-97-persen.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm