Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Mau Jadi Orangtua yang Tidak Pilih Kasih Terhadap Anak? Ini 5 Tipsnya

20 Oktober 2021 19:26 WIB

SonoraBangka.id - Tidak ada orangtua yang sempurna. Jika memang selama ini kita sudah berlaku tidak adil, tak ada salahnya kita minta maaf.

Rasanya kalau sudah dijabarkan beragam masalah seperti ini, kita jadi sadar, ya, ternyata kita sebagai orangtua suka bersikap berbeda terhadap si sulung, si tengah, dan si bungsu.

Tentunya ini kita lakukan tanpa sadar atau didasari suatu pertimbangan tertentu.

Karena mana ada sih orangtua yang dengan sengaja mau membeda-bedakan anaknya?

Tapi ternyata, perbedaan-perbedaan ini bisa ditangkap berbeda oleh si anak, sampai bisa membuat anak merasa cemburu.

Kalau sudah begitu, rasa bersalah mungkin menghantui.

Tapi, ya, yang penting kita sekarang sudah sama-sama sadar dengan perilaku kita selama ini.

Kalau sudah sadar, lebih baik kita berbicara dari hati ke hati dengan anak-anak, jangan membiarkan terlalu lama, karena ini akan memengaruhi perilaku anak saat dewasa.

"Untuk mengubah suasana, bahkan untuk anak memaafkan kesalahan orangtua, itu bisa lama bahkan menahun," jelas Nina Anna Surti, psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
 
Kalau sudah begini, apa saja yang perlu dilakukan sebagai orangtua? Kalau kita tidak mengubahnya, kemungkinan anak akan berperilaku sama dengan kita kala dia sudah dewasa dan punya keluarga.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm