Lampu pada kabin mobil(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)
Lampu pada kabin mobil(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda) ( kompas.com)

Mengemudi Pada Malam Hari Kenapa Lampu Kabin Perlu Dimatikan?

24 Oktober 2021 19:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kelengkapan lampu pada mobil tidak hanya terpasang pada eksterior saja, namun juga ada pada interior di dalam kabin.

Lampu dalam kabin umumnya terpasang pada plafon kabin, tepatnya di antara pengemudi dan penumpang di baris kedua.

Lampu kabin difungsikan sebagai alat penerangan interior mobil, misalnya saat pengemudi atau penumpang hendak mencari barang di lokasi minim cahaya seperti di tempat parkir basement gedung.

Lampu ini juga bisa digunakan sebagai indikator penanda apabila ada pintu mobil yang belum tertutup rapat, sehingga pengemudi tidak langsung memacu mobilnya.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa sebaiknya lampu kabin mobil tidak selalu dinyalakan pada saat mengemudi pada malam hari demi alasan keselamatan.

“Pada malam hari keadaan di luar mobil lebih gelap, kemampuan pengelihatan keluar dapat terganggu karena adanya pantulan cahaya dari dalam mobil,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Bukan cuma itu, menurutnya membiarkan lampu kabin mobil tidak menyala saat mengemudi pada malam hari juga jadi tindakan preventif supaya terhindar dari potensi kejahatan.

Sebab apabila lampu kabin menyala, semua yang ada di dalam kabin mudah terlihat dari sisi luar. Hal ini akan memudahkan pelaku kejahatan untuk memahami situasi dalam kabin.

Sony menambahkan, kalau menyalakan lampu kabin terus menerus akan berpengaruh pada aki yang beban kerjanya jadi lebih berat, walau hal tersebut akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengemudi di Malam Hari Kenapa Lampu Kabin Perlu Dimatikan?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/23/172200915/mengemudi-di-malam-hari-kenapa-lampu-kabin-perlu-dimatikan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm