Ilustrasi anak dan gadget
Ilustrasi anak dan gadget ( shutterstock )

Begini Cara Mengasuh Anak Generasi Alpha yang Akrab dengan Teknologi

25 Oktober 2021 11:20 WIB

SonoraBangka.id - Gadget atau teknologi informasi menjadi bagian dari generasi Alpha atau anak-anak yang lahir antara tahun 2010 dan 2025.

Lantas, bagaimana pola asuh yang tepat agar mereka tumbuh sehat dan bahagia?

Orangtua anak-anak generasi Alpha mayoritas adalah generasi milenial yang juga sudah akrab dengan penggunaan gadget dan secara tidak langsung memperkenalkan teknologi ini kepada anak-anaknya sejak dini.

Dijelaskan oleh dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA., MARS, atau akrab disapa dokter Tiwi, saat ini banyak sekali orang tua yang memanfaatkan gadget dalam perkembangan anak padahal sesungguh hal itu sangat tidak direkomendasikan karna akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

“Orangtua masa kini yang akrab dengan penggunaan electronic device bersama si kecil harus menyadari bahwa pada periode dini usia 0 - 2 tahun, anak bukan hanya cukup didisiplinkan dengan screen time, tapi memang tidak diperkenankan menggunakan gadget sama sekali,” kata dokter Tiwi.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam webinar “Parenting Zaman Now: Optimalkan Tumbuh Kembang Generasi Alpha Sejak Kehamilan” yang diadakan oleh Baby Happy, produk popok sekali pakai dari Wings Care (21/10).

Namun demikian, menurut dia, ada pengecualian bagi anak berusia di atas 2 tahun yang perkembangannya bagus, seperti sudah lancar berbicara, beraktivitas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm