Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers tentang perkembangan terkini pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/8/2021). Presiden Joko Widodo memutuskan tetap memperpanjang kebijakan PPKM hingga 6 September 2021 meskipun perkembangan kasus COVID-19 semakin menunjukan tren penurunan. ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers tentang perkembangan terkini pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/8/2021). Presiden Joko Widodo memutuskan tetap memperpanjang kebijakan PPKM hingga 6 September 2021 meskipun perkembangan kasus COVID-19 semakin menunjukan tren penurunan. ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout/wsj. ( (ANTARA FOTO/Biro Pers Dan Media))

Presiden Joko Widodo Bakal Hadiri Sejumlah KTT ASEAN, G-20, hingga COP26

25 Oktober 2021 20:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden Joko Widodo telah dijadwalkan hadir dalam sejumlah konferensi tingkat tinggi (KTT) yang bakal digelar beberapa hari ke depan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebutkan, rangkaian pertemuan akan dimulai dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-38 dan 39 yang digelar 26-28 Oktober 2021. Ini merupakan KTT pertama di bawah keketuaan Brunei Darussalam.


"KTT ke-38 akan diselenggarakan back to back dengan KTT ke-39 dan seluruh rangkaian acara akan dilakukan secara virtual," ucap Retno dalam keterangannya usai bertemu Presiden di Istana, Jakarta, Senin (25/10/2021).


Retno menuturkan, Indonesia akan menjadi koordinator kerja sama ASEAN-US. Oleh karenanya, dalam pertemuan ASEAN-US Jokowi mendapat kesempatan pertama untuk membacakan laporan dari ASEAN.

Presiden juga dijadwalkan memimpin pertemuan BIMP Eaga (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area). Ada 13 pertemuan BIMP Eaga yang bakal dihadiri Jokowi.

Sementara itu, Jokowi juga bakal menyampaikan pidato kunci pada ASEAN Business and Investment Summit dengan tema prioritas ASEAN dalam kenormalan baru.


Setelah itu Presiden diagendakan menghadiri KTT Group of Twenty (G20) yang digelar di Roma, Italia, 30-31 Oktober 2021. KTT itu dinilai sangat penting karena RI akan menerima keketuaan G20 setahun ke depan.

"Serah terima akan dilakukan di hari kedua KTT, yaitu di tanggal 31 Oktober, sementara keketuaan Indonesia atau presidensi Indonesia sendiri akan dimulai 1 Desember 2021," ucap Retno.

Pada KTT G20 di Roma, Presiden bakal menyampaikan pandangan untuk tiga agenda utama yaitu ekonomi dan kesehatan global, perubahan iklim dan lingkungan, serta pembangunan berkelanjutan.


Sementara itu, Jokowi juga diundang untuk menjadi pembicara pada side event yang membahas upaya dan kebijakan untuk mendukung UMKM pebisnis perempuan.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm