Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah. (SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO)
Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah. (SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO) ( kompas.com)

Warna Merah di Kamar Tidur, Bagus atau Tidak Berdasarkan Feng Shui?

28 Oktober 2021 16:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Anda ingin mengganti warna cat dinding kamar tidur kah? Anda bisa memilih warna cat dinding kamar tidur yang bagus berdasarkan feng shui untuk mendatangkan energi positif.

Dilansir dari Feng Shui Beginner, Rabu (27/10/2021), filosofi feng shui menekankan keseimbangan dan harmoni di lingkungan kita. Warna merah termasuk dalam elemen api yang mewakili energi dan gairah tinggi.

Bila warna ini mendominasi ruangan, akan menciptakan ketidakseimbangan elemen yang dapat memengaruhi keberuntungan dan kesehatan.

Adapun kamar tidur merupakan ruang yang membutuhkan kehadiran energi Yin yang memungkinkan Anda untuk bersantai dan beristirahat. Sementara itu, merah adalah energi Yang yang mungkin mengganggu tidur Anda.

Dilihat dari sudut pandang psikologi, warna lebih dari sekedar pengalaman visual. Warna ini juga dapat memengaruhi suasana hati dan emosi kita.

Merah adalah warna energik yang mungkin terlalu merangsang dan intens untuk kamar tidur. Ini dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan menyebabkan kecemasan.

Terlalu banyak warna merah di kamar tidur mungkin membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam dan kesulitan untuk tertidur.

Semua faktor ini dapat memengaruhi pola dan kualitas tidur, sehingga berdampak negatif pada kondisi kesehatan Anda dari waktu ke waktu.

Kamar tidur adalah ruang di mana seharusnya kita beristirahat penuh kualitas dan meremajakan, sehingga tema warna yang dipilih harus menyejukkan mata. Ini harus mendorong kualitas tidur yang baik dan meningkatkan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Dalam hal ini, warna merah mungkin bukan pilihan warna yang sempurna.

Tapi demikian, bila Anda memang suka memasukkan warna merah ke dalam kamar tidur, ada baiknya untuk menggunakannya sedikit saja dalam menunjang dekorasi. Misalnya, alih-alih mengecat seluruh dinding dengan warna merah, sebaiknya hanya digunakan di bantal, seprai, dan dekorasi kecil.

Keputusan akhir tetap di tangan Anda saat memilih warna kamar tidur. Tapi demikian, yang terpenting adalah Anda harus menyukai warna tersebut dan merasa nyaman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warna Merah di Kamar Tidur, Bagus atau Tidak Menurut Feng Shui?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/27/182300476/warna-merah-di-kamar-tidur-bagus-atau-tidak-menurut-feng-shui-?page=all.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm