Ilustrasi kesepian dan stres di masa pandemi.
Ilustrasi kesepian dan stres di masa pandemi. ( FREEPIK)

Ini 3 Tahap Psikologis yang Dilalui selama Pandemi Covid-19. Mau Tahu?

31 Oktober 2021 09:01 WIB

SonoraBangka.id - Isolasi mandiri, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan physical distancing berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap tingkat stress individu.

Pandemi global Covid-19 tak lepas dari permasalahan psikologis.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RS Pondok Indah Bintaro, dr Leonardi Goenawan SpKJ mengatakan bahwa kondisi psikologis masing-masing individu akan sangat bergantung pada beberapa situasi yang diperjuangkan.

Antara lain ketahanan terhadap stres, latar belakang kesehatan mental, dan dampak disrupsi pandemi Covid-19 terhadap sosial ekonomi dan support system yang tersedia.

Secara umum, Leo menyebutkan Anda akan mengalami tiga tahap atau strata kondisi perilaku selama pandemi Covid-19.

Yaitu tahap disrupsi, tahapa kebingungan dan ketidakpastian, dan tahap penerimaan.

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai tiga tahapan psikologis yang berpotensi dialami setiap individu selama pandemi Covid-19.

1. Tahap disrupsi

Hampir setiap orang akan mengalami perubahan pola hidup, perubahan rutinitas sehari-hari, hilangnya kebebasan karena harus hidup dalam karantina atau di rumah saja, dan tidak bepergian.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm