Kondisi Rumah Makan Padang Cahaya Minang yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Sungailiat, Bangka setelah diterjamg banjir, Senin (1/11/2021).
Kondisi Rumah Makan Padang Cahaya Minang yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Sungailiat, Bangka setelah diterjamg banjir, Senin (1/11/2021). ( (Bangkapos/Arya Bima Mahendra )

Waspada Curah Hujan Deras, BPBD Bangka Himbau Masyarakat Rutin Bersihkan Selokan

1 November 2021 20:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka menghimbau masyarakat agar rutin mengecek dan membersihkan selokan untuk mencegah terjadinya banjir.

Disampaikan oleh Kepala BPBD Kabupaten Bangka, M. Nursi jika  selama 2 bulan kedepan diperkirakan cuaca akan cukup ekstrem.

"Beberapa waktu lalu, dari BMKG juga sudah sempat memberi tahu hal tersebut, oleh karena itu masyarakat harus lebih berhati-hati," ucap Nursi saat dihubungi Bangkapos.com, Senin (1/11/2021).

Sementara itu, ia juga meminta masyarakat untuk jangan membuang sampah sembarangan, terutama ke dalam selokan.

Menurutnya alangkah lebih baiknya jika masyarakat memilah-milah sampah rumah tangga, karena bisa saja masih ada yang dapat digunakan dan didaur ulang.

"Selain karena berada di dataran rendah, banjir yang terjadi di sejumlah lokasi di Kota Sungailiat hari ini adalah karena adanya penyumbatan di saluran air.

Bahkan ada ditemukan batang pisang dan sampah-sampah yang berukuran besar sehingga membuat selokan tersebut mampet," lanjutnya.

Lebih lanjut, ia juga meminta masyarakat untuk menebang pohon-pohon yang sekiranya sudah berumur tua dan tidak kokoh lagi.

"Sebagai antisipasi saja, takut ada angin besar dan pohon tersebut tumbang menimpa bangunan ataupun orang,"katanya.

Selain itu, penebangan pohon yang sudah tua pun dilakukan untuk menata lahan sehingga bisa ditanami dengan bibit pohon yang masih baru.

Nursi mengakui jika dalam 2 bulan ke depan tim BPBD Kabupaten Bangka juga akan terus siaga jika ada suatu kejadian.

"Kita ada 3 regu reaksi cepat yang biasanya piket bergantian untuk stand by. Namun, kalau memang dalam situasi urgent, kami akan turunkan ketiga-tiganya untuk stand by di lapangan," lanjutnya.

Ia berharap agar masyarakat dapat memahami dan menjalankan betul langkah-langkah mencegah dan mengantisipasi banjir tersebut sehingga tidak ada dirugikan.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Waspadai Curah Hujan Deras, BPBD Bangka Minta Masyarakat Rutin Bersihkan Selokan, https://bangka.tribunnews.com/2021/11/01/waspadai-curah-hujan-deras-bpbd-bangka-minta-masyarakat-rutin-bersihkan-selokan.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm