Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Padang, Sumatera Barat, Rabu (3/11/2021).
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Padang, Sumatera Barat, Rabu (3/11/2021). ( (Puspen TNI))

Panglima TNI Harap Masyarakat Tidak Lengah Walau Kasus Covid-19 Melandai

4 November 2021 06:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta masyarakat agar tak lengah menghadapi pandemi Covid-19. Masyarakat diharap waspada kendati kasus aktif dan kasus baru Covid-19 di Indonesia saat ini terbilang rendah.

"Begitu lengah, maka dapat dipastikan akan kembali terjadi lonjakan kasus konfirmasi Covid-19," kata Hadi saat memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Padang, Sumatera Barat, Rabu (3/11/2021)

Hadi menyebutkan saat ini banyak negara di belahan dunia yang kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Padahal, rata-rata negara lain sudah memberikan vaksinasi dosis pertama kepada rakyatnya di atas 65 persen. Bahkan, negara tetangga, Singapura sudah memberikan vaksin dosis pertama dan kedua kepada warganya mencapai 80 persen.

Menurutnya, yang menjadi kesamaan di antara negara tersebut adalah relaksasi kegiatan sosial yang telah diterapkan ternyata tidak diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Banyak masyarakatnya yang tidak lagi menggunakan masker ataupun menjaga jarak," ujarnya. Hadi pun mengungkapkan bahwa ada satu hal yang membedakan, seperti kondisi di Inggris, yaitu vaksinasi.

Meskipun mengalami lonjakan kasus, rupanya angka kematian maupun angka kasus kritis di Inggris tidak setinggi kondisi saat awal tahun 2021 lalu.

'"Tingginya capaian vaksiansi, ternyata dapat menekan angka kematian dan jumlah pasien yang berada pada kondisi kritis," katanya. Di sisi lain, Hadi mengatakan bahwa data berikutnya yang harus dicermati yaitu tracing kontak erat.

Di mana rasio tracing kontak erat di Indonesia terus meningkat. "Tentunya hal ini berkat kerja keras seluruh Satgas di setiap Provinsi, Kabupaten, maupun Kota dan kerja keras dari para Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga serta Bhabinkamtibmas," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panglima TNI Minta Masyarakat Jangan Lengah meski Kasus Covid-19 Melandai", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/11/04/06482751/panglima-tni-minta-masyarakat-jangan-lengah-meski-kasus-covid-19-melandai.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm