Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)(ANDREAS SOLARO)
Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)(ANDREAS SOLARO) ( kompas.com)

Hasil Kualifikasi MotoGP Algarve 2021, Bagnaia Berhasil Pole Position

6 November 2021 22:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Francesco Bagnaia berhasil mengukuhkan rekor lima kali pole position usai menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Algarve, Portugal 2021 yang dihelat pada Sabtu (6/11/2021).

Ia berhasil mengalahkan pesaing lainnya dengan catatan waktu 1 menit 38,72 detik. Tepat di bawahnya ada Jack Miller dan Joan Mir yang terus menunjukkan performa apik sepanjang sesi.

Sementara Johann Zarco yang menjadi tercepat pada sesi kualifikasi satu berada di posisi ke lima, di atas Jorge Martin. Adapun Fabio Quartararo di posisi ketujuh.

Persaingan pada sesi kualifikasi sangat ketat. Mengingat, gelaran MotoGP 2021 hampir selesai meski juara dunia sudah diputuskan yaitu Quartararo dengan total poin 267 poin.

Perubahan posisi terjadi pada menit-menit akhir kualifikasi kedua di mana posisi tiga besar saat Pecco Bagnaia, Jack Miller, dan Joar Mir mengisi barisan depan.

Marc Marquez sebagai pemegang juara dunia dua tahun lalu, tidak dapat melanjutkan pertandingan karena merasa kurang baik beberapa waktu lalu sehingga digantikan Stefan Bradl.

Opsi ban depan keras telah diubah dari versi asimetris yang tidak disukai yang dipilih untuk putaran Portimao April, menjadi kompon keras simetris.

Bintang tuan rumah Oliveira, pemenang balapan perdana di Portimao November lalu dengan menggunakan hard front simetris, adalah salah satu dari mereka yang kesulitan dengan alokasi ban yang direvisi pada bulan April, ketika Quartararo mendominasi balapan dari Bagnaia dan Mir.

Untuk pebalap senior Valentino Rossi kembali gagal maksimal di kualifikasi setelah menempati posisi keenam pada kualifikasi pertama (Q1) dan gagal ke Q2 MotoGP Algarve.

Berikut daftar sesi kualifikasisi MotoGP Algarve, Portugal 2021:

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm