Cek busi motor sendiri saat WFH(NGK)
Cek busi motor sendiri saat WFH(NGK) ( kompas.com)

Jangan Lupa, Bersihkan Busi Sepeda Motor Jangan Diamplas

9 November 2021 22:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Busi pada sepeda motor berperan penting dalam menciptakan percikan api untuk memulai proses pembakaran internal dalam mesin.

Seiring penggunaannya, bagian elektroda dan insulator pada busi akan timbul kerak. Kerak ini lah yang bisa menghambat kerja busi untuk menciptakan percikan api.

Sejumlah cara dilakukan pemilik motor dan teknisi di bengkel umum, salah satunya adalah dengan cara mengamplas busi. Padahal, metode ini salah besar dan bisa merusak busi itu sendiri.

Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha Dwi Suwanto menjelaskan, sangat tidak disarankan membersihkan busi dari kerak dengan cara mengamplasnya.

"Kalau di amplas memang tidak disarankan, karena bisa mengikis permukaan dan mengurangi panjang ujung elektroda," kata Dwi kepada Kompas.com belum lama ini.

Ia mengatakan bahwa membersihkan kerak pada busi dengan sikat masih bisa dimaklumi. Sebab penggunaan sikat tidak banyak mengikis elektroda busi tersebut.

Sebetulnya, busi memang perlu untuk dibersihkan ketika bagian kepalanya sudah menghitam dan dipenuhi arang sisa pembakaran. Sebab ketika kepala busi sudah dalam kondisi tersebut, elektroda akan sulit mengalirkan listrik sehingga motor akan sulit dihidupkan.

Di tempat berbeda, Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia menjelaskan bahwa untuk merawat busi paling sederhana dimulai dari rutin memperhatikan kondisinya.

"Kuncinya cukup rajin servis karena kondisi ruang bakar yang sehat membuat busi lebih awet. Sering-sering juga perhatikan kondisi kepala busi. Kalau sudah ada kerak sebaiknya diganti," kata Diko.

Lalu untuk membersihkan busi, disarankan dengan cara menyemprot busi yang berkerak menggunakan cairan bersifat non-metal seperti brake cleaner.

Selain itu, jangan lupa cek tingkat keausan busi. Elektroda busi adalah bagian yang paling cepat terkikis karena menjadi tempat terjadinya api pada ruang bakar. Apabila elektroda sudah aus maka busi perlu diganti.

Idealnya penggantian busi disesuaikan dengan acuan jarak tempuh, antara 15.000 km sampai 20.000 km.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Bersihkan Busi Sepeda Motor Jangan Diamplas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/09/101200415/ingat-bersihkan-busi-sepeda-motor-jangan-diamplas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm