Bosen cabutin uban di Kepala, coba olesin bayam sebelum sampoan deh katanya bisa Musnah
Bosen cabutin uban di Kepala, coba olesin bayam sebelum sampoan deh katanya bisa Musnah ( )

Nemu Uban di Rambut Padahal Masih Muda? Ini Alasan Lo Nggak Perlu Mencabutnya

15 November 2021 15:03 WIB

SonoraBangka.ID -  Sebagian orang kerap merasa nggak pede dan terganggu penampilannya saat sadar ada rambut putih atau uban yang tumbuh di kulit kepala mereka. Nyabut uban pun jadi salah satu solusi yang dinilai paling gampang dilakuin buat ngilangin uban

Namun lo tahu nggak, sih bahwa mencabut uban bukanlah solusi yang tepat untuk menghilangkan uban. Hal itu justru dapat memberikan efek yang lebih buruk lagi yakni kebotakan.

Dokter spesialis kulit dari Eileen Tan Skin Clinic & Associates di Mount Elizabeth Novena Hospital, Dr Eileen Tan menjelaskan bahwa mencabut uban terus-menerus dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen.

"Faktanya, folikel (kantung kecil di kulit kepala tempat tumbuhnya rambut) yang menghasilkan uban yang kita cabut mungkin akan menghasilkan helaian uban lain di tempatnya walaupun tidak banyak," ujar Dr Eileen seperti dikutip Kompas.com pada Senin (8/11/2021).

Yang lebih buruk, ia menambahkan, adalah jika kita sering mencabut folikel yang sama, pabrik pembuat rambut ini akan mogok dan berhenti memproduksi rambut selamanya.

Sementara itu, penata rambut dan direktur kreatif pendidikan di Sachajuan, Trey Gillen menuturkan bahwa mencabut uban dalam jangka panjang dapat menimbulkan lebih banyak kerugian.

"Mencabutnya bisa membuat folikel rambut trauma dan kita bisa merusak folikel sampai tidak ada lagi rambut yang tumbuh," tutur Gillen.

Nah jika hal itu dilakukan secara berulang, mencabut uban bahkan dapat menyebabkan infeksi, pembentukan bekas luka, dan kebotakan. 

“Pada akhirnya, ini akan membuat rambut yang lebih tipis," sambungnya.

Ia menambahkan, mencabut uban juga berdampak pada lebih sedikitnya melanin yang dihasilkan oleh folikel dan menyebabkan lebih sedikit pula sebum yang dihasilkan, sehingga uban memiliki tekstur yang berbeda dari helai berpigmen lainnya.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm