Ilustrasi meja kerja berantakan. (SHUTTERSTOCK/THODONAL88)
Ilustrasi meja kerja berantakan. (SHUTTERSTOCK/THODONAL88) ( kompas.com)

Tips Merapikan Ruang Kerja Versi Feng Shui untuk Kemajuan Karier

25 November 2021 20:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Meraih Kesuksesan karier dimulai dari ruang kerja yang rapi. Pastikan agar ruang kerja, bak di kantor atau di rumah, terbebas dari kondisi berantakan supaya karier Anda dapat melesat.

Dilansir dari Love to Know, Rabu (24/11/2021), praktisi feng shui Ellie Marshall menjelaskan mengapa kekacauan bisa sangat berbahaya.

"Semua jenis kekacauan menciptakan penghalang atau hambatan terhadap apa yang benar-benar ingin Anda capai dalam hidup. Itu bisa berupa lebih banyak uang, pekerjaan yang lebih baik, atau karier yang sama sekali baru," jelas Marshall.

Segera rapikan ruang kerja Anda

Tempat pertama yang jelas untuk mulai dirapikan untuk kesuksesan karir Anda adalah ruang kerja fisik Anda. Ini mencakup lebih dari sekadar meja kerja, walaupun ini adalah tempat yang paling jelas dan vital untuk memulai.

Pastikan semua benda ada tempatnya di ruang kerja. Selain itu, selalu kembalikan barang ke tempatnya setelah digunakan.

Luangkan waktu untuk membuat folder file baru dan segera simpan kertas agar tidak menumpuk menjadi tumpukan yang berantakan.

Tempatkan dokumen di folder file dan/atau tempat sampah yang benar. Letakkan file dokumen di folder yang sesuai saat Anda menerimanya.

Bila Anda bekerja di rumah, jadikan pembersihan ruang kerja sebagai praktik mingguan. Jumat selalu menjadi hari yang baik untuk urusan rumah tangga, jadi rapikan ruang kerja pada hari itu agar Anda bersiap bekerja dengan semangat pada hari Senin.  

Tips merapikan ruang kerja menurut feng shui

Tidak cukup hanya mengatur ruang kerja. Anda perlu memasukkan kebiasaan penataan yang baik. Kebanyakan orang yang bekerja dari rumah juga bertanggung jawab untuk mengurus rumah tangga.

Entah mereka melakukan pembersihan atau mempekerjakan seseorang untuk membersihkan rumah mereka, termasuk ruang kerja.

Pertama, pastikan lantai selalu bersih. Kemudian, rak harus bebas debu.

Pastikan perabotan yang sering berpindah, terutama kursi, dalam kondisi rapi. Selalu kembalikan ini ke tempat yang semestinya saat tidak digunakan.

Rak buku pintu kaca adalah pilihan feng shui terbaik. Tapi, buku di rak buku terbuka harus sejajar dengan tepi rak untuk mencegah panah beracun, yang dianggap berantakan.

Anda akan bekerja lebih baik di ruang kerja feng shui yang terorganisir dan bersih. Energi chi akan membuat Anda tetap berenergi ketika dapat mengalir dengan mudah ke seluruh ruang kerja.

Kosongkan tempat sampah sebelum meluap. Bersihkan meja kerja di penghujung hari seolah-olah Anda akan mengadakan rapat keesokan paginya.

Bawa cangkir kopi kosong ke dapur untuk dicuci. Biarkan lampu kecil menyala di malam hari agar energi chi tidak keluar dari ruangan di malam hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Merapikan Ruang Kerja ala Feng Shui untuk Kemajuan Karier", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/24/071800276/tips-merapikan-ruang-kerja-ala-feng-shui-untuk-kemajuan-karier?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm