Bupati Bangka, Mulkan dalam apel pasukan penanggulangan bencana di halaman Kantor Bupati Bangka, Senin (29/11/21)
Bupati Bangka, Mulkan dalam apel pasukan penanggulangan bencana di halaman Kantor Bupati Bangka, Senin (29/11/21) ( Dede Sukmana/ Diskominfotik Bangka)

Jelang Nataru 2021, Pemkab Bangka Gelar Apel Pasukan Siaga Bencana

2 Desember 2021 09:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar apel pasukan penanggulangan bencana di halaman Kantor Bupati Bangka, pada Senin (29/11/21).

Pelaksanaan apel yang melibatkan semua unsur seperti TNI, Polri, BPBD dan Satpol PP ini juga dimaksudkan sebagai persiapan dalam upaya pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru) 2022.

Langkah ini dinilai sebagai upaya nyata Pemkab Bangka dalam memberi rasa aman kepada masyarakat, sehingga melalui sosialisasi diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dalam kesiagaan menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

“Apel ini merupakan bentuk upaya kita dalam kesiagaan penanggulangan bencana. Kita harus antisipasi terutama banjir, angin kencang dan puting beliung,” tutur Bupati Bangka, Mulkan saat diwawancarai usai pelaksanaan apel.

Mulkan juga menuturkan, bahwa tim akan mendirikan beberapa posko pengamanan di beberapa titik yang diperlukan.

Menurutnya, hal ini sebagai kontrol sosial sekaligus persiapan pengamanan di lapangan nantinya.

“Tim melibatkan Kepolisian, TNI dan semua pihak. Ini merupakan tanggungjawab kita bersama. Posko akan tetap kita dirikan di tempat-tempat wisata,” pungkas Mulkan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, mengimbau agar masyarakat dapat mematuhi peraturan yang disepakati Pemerintah untuk kebaikan bersama.

Ia mewanti-wanti mengunjungi Daerah rawan bencana, hal ini sebagai tindakan preventif di awal menurutnya.

“Situasi iklim tidak menentu terutama dan ada pengaruh La Nina kita harapkan masyarakat mematuhi larangan yang dikeluarkan oleh petugas. Misalnya pantai kalau ada larangan berenang tolong dipatuhi. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita iinginkan karena kita tidak mau adanya korban,” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengecekan sejumlah kendaraan operasi yang nantinya dipersipkan turun ke medan yang diperlukan.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm