Ilustrasi media sosial
Ilustrasi media sosial ( ipopba )

Hindari Over Sharing, Pakar Sarankan Ini Saat Bersosial Media.Apa Itu?

3 Desember 2021 11:13 WIB

SonoraBangka.id - Over sharing bisa terjadi kapanpun jika pengguna masih tak menyadari bahaya mempublikasikan data pribadi mereka, tak hanya lewat tren Add Yours Instagram saja.

Bahaya over sharing ini mulai dari penyalahgunaan data hingga gangguan mental seperti IOD.

Untuk menghindari over sharing, Pakar Komunikasi Digital Universitas Indonesia, Dr. Firman Kurniawan membagikan tips cara bermain sosial media yang aman.

Menurutnya, langkah pertama adalah dengan menyadari karakteristik media sosial seperti Instagram yang berbeda dibanding media konvensional.

"Agar tidak oversharing setiap pengguna perangkat berbasis internet termasuk Instagram, harus paham bahwa kegiatannya adalah aktivitas produksi, distribusi dan konsumsi data."

"Selururuhnya terlacak dan meningglkan jejak yang disebut sebagai digital path," ujarnya saat dihubungi NOVA, Rabu (24/11).

 

 

Digital path adalah serangkaian data yang terbentuk dari perilaku-perilaku tunggal produksi distribusi dan komsumsi data data, setiap berinteraksi dengan perangkat digital.

SumberNova
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm