( )

Tagar Gunung Fuji Meletus trending di Twitter, Gempa guncang Jepang,

3 Desember 2021 12:57 WIB

SonoraBangka.Id - Pihak berwenang Jepang pada Jumat (3/12) meredam spekulasi tentang kemungkinan Gunung Fuji meletus, setelah gempa berkekuatan 4,8  skala Richter menjadi trending topic di Twitter.

Gempa yang mengguncang pada pukul 06.37 waktu Jepang mengguncang daerah dekat Gunung Fuji, 100 km sebelah Barat Tokyo. Tapi, tidak ada laporan segera mengenai korban luka dan jiwa atau kerusakan besar.

 Melansir Reuters, tagar "Gunung Fuji Meletus" dalam bahasa Jepang mulai menjadi trending di Twitter, dengan satu pengguna mengatakan: "Tokyo akan berada dalam masalah besar jika Gunung Fuji meletus. Dengan virus corona yang terjadi, ke mana kita bisa melarikan diri?"

Gunung berapi tertinggi di Jepang ini terakhir meletus lebih dari 300 tahun yang lalu, tetapi masih aktif dan kadang-kadang melewati periode aktivitas yang bisa menghasilkan beberapa ratus gempa tremor dalam sebulan.

Sebuah panel pemerintah Jepang mengatakan tahun lalu, setiap letusan besar Gunung Fuji akan menghujani begitu banyak abu di Tokyo sehingga jaringan transportasi keretaapi dan jalan raya akan lumpuh dalam tiga jam.

Badan Meteorologi Jepang, bagaimanapun, menegaskan, tidak ada data yang menunjukkan peningkatan kemungkinan Gunung Fuji, gunung ikonik negeri matahari terbit, meletus.

"Kami tidak melihat ada kelainan khusus dalam data pengamatan mengenai Gunung Fuji," kata seorang pejabat Badan Meteorologi Jepang pada konferensi pers, seperti dikutip Reuters. "Mungkin tidak ada hubungan apapun (antara gempa dan kemungkinan letusan)".

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm