lustrasi gelombang laut tinggi.
lustrasi gelombang laut tinggi. ( IST)

Waspada ! Cuaca Ekstrem Melanda Perairan Bangka Belitung, Tinggi Gelombang Hingga diatas 2 Meter

6 Desember 2021 16:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bangka Belitung, meminta kepada nelayan sebelum melaut agar melihat kondisi cuaca terlebih dahulu.

Pasalnya, kini kondisi cuaca ekstrem sedang melanda wilayah Perairan Babel. Khususnya nelayan yang berada di Wilayah Bangka Selatan agar memperhatikan alat keselamatan saat di tengah dan sebelum melaut.

Kepala Basarnas Babel Fazzli mengatakan, terkait cuaca  ekstrem saat ini, baik di Pulau Bangka dan Belitung para nelayan untuk berhati-hati perhatian alat keselamatan.

Ia juga menyampaikan ketika  hendak melaut untuk mempersiapkan alat keselamatan seperti pelampung dan alat lainnya yang mendukung guna mengantisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tidak lupa dia juga menyarankan kepada nelayan untuk memperhatikan kondisi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Cuaca saat ini cenderung tidak baik, kecepatan angin di perairan Bangka Belitung kurang lebih di atas 10 knot per jam dan tinggi gelombang rata-rata di atas 2 meter," ujar Fazzli saat dikonfirmasi via Telpon, Senin (6/12/2021).

Ia mengingatkan agar nelayan yang sudah berada di tengah laut agar berhati-hati, dan yang baru berangkat agar menundanya terlebih dahulu lantaran cuaca saat ini sedang buruk.

Seperti diketahui beberapa hari terakhir ini banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi di perairan Bangka Belitung terkait cuaca ekstrem.

"Alat keselamatan sangat penting dan dipakai sebelum berangkat, itu guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat beraktivitas di laut," harapnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Awas! Cuaca Ekstrem Melanda Perairan Bangka Belitung, Tinggi Gelombang di Atas 2 Meter, https://bangka.tribunnews.com/2021/12/06/awas-cuaca-ekstrem-melanda-perairan-bangka-belitung-tinggi-gelombang-di-atas-2-meter.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm