Ilustrasi perawatan aki pada mobil (personal.neacelukens.com)
Ilustrasi perawatan aki pada mobil (personal.neacelukens.com) ( kompas.com)

Jangan Cuek, Pahami Usia Penggunaan Aki pada Mobil

10 Desember 2021 17:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tiap komponen pada kendaraan bermotor mempunyai usia pakai atau masa penggunaan. Maka, penting bagi pemilik maupun pengguna untuk selalu memperhatikannya seperti pada aki.

Direktur PT Wacana Prima Sentosa, Hadi menjelaskan, hal tersebut tidak terkecuali pada aki berjenis maintenance free (MF). Sebab, walau diakui tak perlu perawatan namun komponen terkait punya batas usia pakai.

"Sampai saat ini, aki berjenis MF kerap digemari masyarakat karena simple dan tidak butuh perawatan. Tapi, harus diperhatikan usia pakainya karena bila sampai mogok di jalan akan jadi masalah, khususnya bila mobil matik," kata dia, Rabu (8/12/2021).

Pada umumnya, lanjut Hadi, masa pakai aki MF pada mobil mencapai 1-1,5 tahun. Perbedaan durasi tersebut seiring dengan frekuensi penggunaan kendaraan terkait dan beban aki-nya.

Tentu, pada frekuensi perjalanan yang tinggi dengan suhu sangat panas, usia aki akan cepat habis sekitar satu tahunan. Hal ini sering dialami oleh taksi (konvensional dan online) maupun angkutan umum.

"Mudahnya, aki memiliki 6.000 cycle atau kuantitas pengisian daya. Bila kendaraan sering digunakan, tentu frekuensi cycle-nya akan tinggi dan akan mempengaruhi masa usia pakainya," kata dia.

"Maka dari itu, aki MF tiap enam bulan sekali dicek, apakah state of health atau durasi penggunaannya masih on track, atau tidak. Apabila sudah di bawah 80 persen, disarankan diganti," lanjut Hadi.

Dalam kesempatan sama, PT Wacana Prima Sentosa selaku produsen aki nasional memperkenalkan produk baru dari tipe MF, yakni Massiv Thunder. Dengan berbagai perubahan, aki diklaim memiliki usia pakai yang lebih tinggi sekitar 10 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Cuek, Pahami Usia Pakai Aki pada Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/09/170100815/jangan-cuek-pahami-usia-pakai-aki-pada-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm