Ilustrasi balap sepeda motor di Sirkuit Sentul, Bogor. (KOMPAS.COM/Kristianto Purnomo)
Ilustrasi balap sepeda motor di Sirkuit Sentul, Bogor. (KOMPAS.COM/Kristianto Purnomo) ( kompas.com)

Mulai 2023 Sirkuit Sentul Gelar Balap Internasional, namun Bukan MotoGP

16 Desember 2021 17:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Dengan Rencana renovasi dan revitalisasi yang dilakukan pada Sirkuit Sentul diharapkan bisa meningkatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat. Sejumlah event balap dunia pun sudah disiapkan hadir di arena yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tinton Soeprapto, Komisaris Sentul International Circuit, mengatakan, dengan renovasi ini Sirkuit Sentul diharapkan bisa mendapat pengakuan sebagai tempat balap roda dua dan roda empat internasional Grade 2.

“Ini kita bicara tahun 2023, pokoknya kalau sirkuit kita sudah dapat pengakuan, banyak sekali orang yang ingin berlomba di sirkuit ini,” ujar Tinton, kepada Kompas.com (15/12/2021).

Menurutnya, dengan jumlah populasi nomor empat di dunia, dan lokasi geografis yang strategis. Indonesia memiliki kesempatan untuk menggelar event balap global, serta berpeluang jadi lokasi yang diminati.

“Targetnya bulan Agustus 2022 sudah dapat pengakuan FIA dan FIM, balapannya tahun 2023. Kami bikin untuk Le Mans, ada Sean Gelael. Itu sudah (balap) internasional,” ucap Tinton.

“Juga ada balapan GP3, yang dulu pernah ada di Makau. Terus ada TCR (Touring Car Race), waktu itu sudah ada kontrak dengan Hyundai. Bisa menyelenggarakan juga MXGP atau kejuaraan dunia motocross,” kata dia.

Tentang penyelenggaraan balap MotoGP atau Formula1, Sirkuit Sentul juga akan mengarah ke sana.

Tapi untuk saat ini, menurut Tinton hal itu bukan target yang utama, sebab balap MotoGP sudah ada di Sirkuit Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Jadi MotoGP sudah di Mandalika, bukan Sentul. Kita enggak mau bikin MotoGP. Kami dukung MotoGP, tapi (sirkuit ini) bisa dipakai MotoGP, mau bikin F1 juga bisa. Tapi kami tidak punya keinginan untuk bikin, biarlah itu Mandalika bikin dulu,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai 2023 Sirkuit Sentul Gelar Balap Internasional, tapi Bukan MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/15/184527415/mulai-2023-sirkuit-sentul-gelar-balap-internasional-tapi-bukan-motogp.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm