Aktivitas bongkar muat kapal RoRo di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Rabu (29/12/2021).
Aktivitas bongkar muat kapal RoRo di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Rabu (29/12/2021). ( Bangkapos.com/Cepi Marlianto )

Cuaca Yang Ekstrem, Aktivitas Bongkar-muat di Pelabuhan Pangkalbalam Tidak Berpengaruh

29 Desember 2021 13:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) memastikan di tengah cuaca ekstrem dan fenomena La Nina seperti saat ini tidak mengganggu operasional pelabuhan Pangkalbalam tetap berjalan aman dan lancar.

General Manager Pelindo Regional Dua Pangkalbalam, Nofal Hayin menyebutkan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan terutama dari segi fasilitas, sumber daya manusia (SDM) hingga keamanan serta bekerja sama dengan stakeholder terkait.

“Insya Allah kalau di pelabuhan Pangkalbalam ini tidak terlalu berpengaruh karena alur Pelabuhan kita ini adalah alur sungai,”ujar dia kepada Bangkapos.com, Rabu (29/12/2021).

Nofal mengatakan dengan pelabuhan yang berada di alur setidaknya dapat sedikit menguntungkan untuk proses bongkar-muat kapal karena tak terkendala cuaca.

Berbeda jika di bibir pantai, apabila cuaca ekstrem seperti ombak tinggi dan angin kencang itu akan sangat berpengaruh kepada aktivitas di pelabuhan.

“Berbeda mungkin jika dengan pelabuhan yang langsung pelabuhan yang berada di tepi pantai atau pelabuhan laut di mana arusnya langsung. Karena ini di sungai jadi dampak terhadap aktivitas pelabuhan tidak begitu signifikan,” ujar Nofal.

Di samping itu, meski tak berdampak karena cuaca ekstrem aktivitas di pelabuhan Pangkalbalam juga masih terkendala dengan pasang surut air laut. Belum lagi diperparah dengan pendangkalan alur sungai menuju pelabuhan Pangkalbalam, sehingga kapal berukuran besar tidak dapat beroperasi jika air sedang surut.

“Sebetulnya selama ini kapal berlabuh atau sandar di Pelabuhan Pangkalbalam kapal yang dengan draf rendah,” katanya.

Oleh karena itu, masalah pendangkalan alur ini juga menjadi perhatian bagi pihaknya. Diakuinya memang saat ini terjadi pendangkalan alur sungai.

Oleh sebab itu, ke depan Pelindo bekerja sama dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam akan melakukan pengerukan alur sungai dalam waktu dekat.

“Pengerukan sudah dilakukan tetapi baru di depan sebatas kolam pelabuhan. Untuk ke depannya kami bekerja sama dengan KSOP, karena yang berwewenang dalam hal ini adalah kementerian perhubungan dalam hal ini diwakilkan KSOP,”tambah Nofal.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Cuaca Ekstrem Aktivitas Bongkar-muat di Pelabuhan Pangkalbalam Tak Berpengaruh, https://bangka.tribunnews.com/2021/12/29/cuaca-ekstrem-aktivitas-bongkar-muat-di-pelabuhan-pangkalbalam-tak-berpengaruh.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm